INFO
Bakal ada Perda Mengatur Dampak Negatif Kebakaran

Bakal ada Perda Mengatur Dampak Negatif Kebakaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Kota Palangka Raya, M Hasan Busyairi mengatakan, Panitia Khusus (Pansus) II DPRD kota bersama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, tengah memantapkan raperda pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.

“Kami kembali melakukan pembahasan bersama terhadap raperda tersebut untuk dimatangkan lagi,”ungkapnya, Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut Hasan yang juga merupakan Ketua Pansus II DPRD Kota Palangka Raya itu menjelaskan, alasan raperda itu diajukan oleh pemerintah setempat tidak lain melihat ancaman bahaya kebakaran yang dapat berdampak besar. Baik terhadap keselamatan jiwa maupun harta benda.

Bagi pemerintah, adanya musibah kebakaran berikut dengan dampaknya, maka secara tidak langsung akan menghambat kelancaran pembangunan.

“Raperda ini sudah dibahas mendalam. Kami bersama pemko juga telah menghimpun masukan dari masyarakat, termasuk serta pihak dinas damkar selaku leading sektor,”tukas Hasan.

Selebihnya jelas legislator Partai Golkar ini, pihaknya akan melakukan pengkajian materi, kajian akademis, sampai dengan studi banding ke daerah yang telah menerapkan hal yang sama.

“Ketika menjadi perda, maka akan memuat aturan lebih jauh sistem pemetaan wilayah rawan kebakaran dan sebagainya. Terpenting pula ada payung hukum untuk meminimalisir kebakaran dan dampak negatifnya,”tandas Hasan. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*