INFO
Balai Bahasa Sosialisasikan Jejaring Kemitraan

Balai Bahasa Sosialisasikan Jejaring Kemitraan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hampir seabad bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional sejak dikukuhkannya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan menjadi bahasa negara sejak diundangkannya UUD 1945.

Kini bahasa Indonesia semakin mengukuhkan diri sebagai jati diri, pemersatu, sarana komunikasi modern dalam peradaban, perkembangan sains, dan teknologi.

Seiring makin terbukanya kerja sama antarbangsa dalam pergaulan internasional, bahasa Indonesia semakin terbuka untuk menjadi bahasa internasional.

Oleh karena itu sesungguhnya bukan hanya orang Indonesia yang harus belajar bahasa asing. Orang asing mesti belajar bahasa Indonesia, terutama orang asing yang menjadi pekerja (ekspatriat).

Sejalan dengan itu pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing mestinya menjadi suatu keniscayaan. Berkenaan dengan itulah Balai Bahasa Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Jejaring Kemitraan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Selasa 18 Desember 2018 di Hotel Luwansa, Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang bertema ‘Jejaring BIPA Kuat, Bahasa Negara Bermartabat’ ini diikuti 30 peserta dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Tengah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Kantor Imigrasi, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, SMA,  perguruan tinggi, dan berbagai lembaga kursus lainnya.

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, I Wayan Tama melalui Kasubbag Tata Usaha, Sunik Andayani, Kamis (20/12/2018) menyatakan kegiatan ini merupakan upaya mengaktifkan program BIPA yang telah beberapa tahun terhenti dan direncanakan bisa aktif lagi 2019.

“Berkaitan dengan itu kami menggandeng mitra kerja untuk membuat jejaring pelaksanaan Program Pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Jejaring seperti lembaga pendidikan dan perguruan tinggi, dinas, dan lembaga kursus yang memiliki para praktisi ahli diberbagai bidang dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan bahasa asing tentu bisa diberdayakan untuk mengajarkan bahasa Indonesia bagi penutur asing. Dalam kegiatan ini kami akan mengkaji materi, memfasilitasi, melayani, dan bekerjasama dalam pengajaran BIPA,” tuturnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*