INFO

Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pemko Palangka Raya Bahas KUA-PPAS 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Palangka Raya mengadakan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Kota Palangka Raya di ruang rapat komisi, Kamis (5/10/2017).

Rapat yang dipimpin langsung ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto ini dalam rangka membahas kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) APBD 2018.

Sementara itu dari eksekutif dihadiri Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Palangka Raya, Fordiansyah serta Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

Dalam rapat yang berakhir pukul 12.00 WIB ini masih belum menghasilkan keputusan final soal porsi anggaran belanja pada APBD 2018, karena masih akan dilanjutkan lagi, Jumat (6/10/2017).

Alasan Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto melanjutkan rapat dengan tim anggaran Pemerintah Kota Palangka Raya karena estimasi pendapatan daerah yang diajukan ke DPRD tidak mengalami perubahan alias stagnan.

Di sisi lain Banggar DPRD mengharapkan estimasi pendapatan daerah yang diajukan harus mengalami kenaikan setiap tahun. Apalagi potensi pendapatan pajak dan retribusi di Palangka Raya masih banyak yang belum tergali.

Maka dari itu Sigit meminta kepada tim anggaran dari eksekutif untuk menghitung ulang berapa potensi riil pendapatan daerah yang bisa dipungut pada 2018.

Dengan demikian Banggar DPRD bisa menghitung kebutuhan anggaran untuk pembangunan dengan kemampuan pendapatan, sehingga diharapkan nantinya antara kebutuhan dan ketersediaan anggaran tidak defisit.

Sigit mengharapkan kepada tim anggaran Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mem-presure lagi satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) untuk memaksimalkan perannya dalam memungut pajak dan retribusi, sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk membiayai pembangunan. (MC. Isen Mulang)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*