INFO
Banyak Guru SD di Palangka Raya Masuki Purna Tugas

Banyak Guru SD di Palangka Raya Masuki Purna Tugas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan mengatakan, tenaga pengajar (guru) yang bertugas untuk jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) di wilayah kota Palangka Raya, kini sudah mulai mengalami kekurangan.

“Jumlah untuk tenaga pendidik jenjang sekolah dasar saban tahun terus berkurang. Ini menjadi perhatian kami dari Disdik Kota Palangka Raya,” ungkapnya, Rabu (24/10/2818).

Kata Sahdin terus berkurangnya tenaga pendidik pada sekolah dasar tersebut, kebanyakan ada pada tenaga guru kelas. Hal tersebut terjadi dikarenakan, guru pegawai negeri sipil (PNS) pada tingkat sekolah dasar yang sejak akhir tahun 70-an dan awal 80-an telah diangkat menjadi PNS kini sudah banyak memasuki masa pensiun atau purna tugas.

“Terlebih 10 tahun terakhir ini  tidak ada penerimaan pegawai negeri khususnya tenaga guru SD, sehingga kekurangan guru pada tingkat sekolah dasar ini dipastikan banyak mengalami kekosongan,” bebernya.

Menurut Sahdin, untuk mengatasi kekurangan guru inilah, maka Disidik Palangka Raya memanfaatkan dengan menggunakan tenaga honorer yang telah diberi surat keputusan (SK) untuk bertugas disekolah-sekolah yang mengalami kekosongan guru. 

Setidaknya saat ini kata dia untuk pendidik tenaga honorer di Palangka Raya sudah ada sekitar 400 orang pendidik yang telah mengantongi SK dari pemerintah kota

“Tenaga pendidik honorer inilah yang nantinya kita manfaatkan dan harapkan untuk bisa ditempatkan pada sekolah-sekolah yang yang kekurangan guru kelas,”tuturnya dengan singkat. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*