INFO
Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya Kunker Perdalam Materi Raperda Disabilitas dan Lansia

Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya Kunker Perdalam Materi Raperda Disabilitas dan Lansia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya yang tergabung dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Banjarbaru Provinsi Kalsel.

Kunker dilaksanakan pada 12-14 Juli 2020. Salah satunya terkait pendalaman materi penyusunan Raperda tentang perlindungan penyandang disabilitas dan warga lanjut usia (lansia),”ungkap Ketua Bapemperda DPRD Palangka Raya, Riduanto, Selasa (14/7/2020).

Adapun kedatangan pihaknya ke provinsi tetangga itu kata Riduanto, lebih kepada pendalaman materi mengenai landasan serta payung hukum dari raperda yang disusun tersebut.

“Raperda ini merupakan salah satu dari tiga raperda inisiatif DPRD Palangka Raya yang masuk dala Propemperda tahun 2020. Sekarang dalam tahap pembahasan dan mencari masukan dari berbagai pihak,” sebutnya.

Disisi lain politikus PDI Perjuangan ini mengungkapkan, pihaknya saat ini fokus pada penanganan permasalahan bagi penyandang disabilitas dan kaum lansia, dengan melaksanakan penyiapan koordinasi dan sinkronisasi.

Dimulai dari perumusan, penetapan dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan, pemantauan, analisis, dan pelaporan yang terkait dengan isu di bidang pemberdayaan disabilitas dan lanjut usia (lansia).

Riduanto mengungkapkan bahwa arah kebijakan dan strategi pemberdayaan penyandang disabilitas dan lansia sesuai kerangka pembangunan nasional. Antara lain meningkatkan advokasi terhadap peraturan dan kebijakan di tingkat pusat dan daerah bagi penyandang disabilitas dan lansia.

“Dalam kunker ini kami memperdalam pula terkait fasilitas, dan kapasitas tenaga pelayanan publik agar dapat diakses oleh penyandang disabilitas dan lansia,”tuturnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*