INFO
Bappeda Gelar Bimtek Aplikasi E-Monev Kinerja Pembangunan Daerah

Bappeda Gelar Bimtek Aplikasi E-Monev Kinerja Pembangunan Daerah

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Dalam rangka penguatan SDM yang bertugas sebagai administrator dan operator aplikasi E-Monev di SOPD Lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya melalui  Bappeda adakan kegiatan Bimtek Apliksi E-Monev Kinerja Pembangunan Daerah.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Setda Kota Palangka Raya,  Kamis (10/10/2019), dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya, Kandarani.

Tujuan dari kegiatan ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Perekonomian Kesra dan Pengendalian Bappeda Kota Palangka Raya, Kristub Subur selaku penyelenggara dalam laporanya antara lain : Pertama, penerapan aplikasi E-Planning, E-Budgeting dan E-Monev yang terintegrasi sehingga data indikator dan target output, outcome dan impact secara otomatis masuk dari E-Planning, E-Budgeting ke E-Monev.

Kedua, dapat mengetahui realisasi anggaran serta capaian proses, keluaran ( output), hasil (outcome)  dan dampak ( impact).

Ketiga, melatih calon administrator dan operator aplikasi E-Monev sebagai sistem informasi monitoring dan evaluasi capaian kinerja pembangunan daerah.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya, Kandarani katakan bahwa dalam sebuah pemerintahan daerah, evalusi yang memuat informasi mengenai arah pencapaian dan dampak dari capaian dari setiap program dan kegiatan adalah sangat penting.

“Informasi ini akan menjadi masukan utama bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan dan pelaksanaan pada periode berikutnya”.

E-Monev merupakan salah satu sistem pengendalian dan evaluasi yang digunakan secara elektronik sebagai upaya untuk menjawab dan memenuhi tantangan dan kebutuhan melaksanakan siklus manajemen, ketersediaan sistem E-Monev yang handal dapat membantu menghimpun informasi capaian kinerja secara lengkap dan cepat, jelasnya.

Sebagai narasumber kegiatan Bimtek E-Monev ini ada 3 (tiga)  orang dari Universitas Dharma Persada, Jakarta yaitu Andi Erwing, Akhmad Syarifuddin dan Ahmad Thohir.( MC.Isen Mulang /win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*