INFO
Bawaslu Kalteng Warning Peserta Pemilu

Bawaslu Kalteng Warning Peserta Pemilu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalteng memberikan warning kepada seluruh peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif.

Warning atau peringatan itu, terkait dengan masa minggu tenang menjelang pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019.

“Masa tenag selama 3 hari, yakni dari tanggal 14-16 April 2019. Kepada seluruh peserta pemilu, tidak ada lagi aktifitas kampanye dalam bentuk apapun,” ungkap Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi pada acara Media Ghatering dengan sejumlah awak media, Kamis (11/4/2019), di Kantor Bawaslu Kalteng.

Disebutkan pada masa minggu tenang tersebut, semua alat peraga kampanye (APK) sudah bersih dan diturunkan, tidak ada lagi yang masih terpasang di setiap sisi jalan.

“Paling lambat pada tanggal 13 April 2019 malam, sudah bersih tidak ada lagi APK yang terpasang,” tegasnya.

Satriadi pun berharap agar seluruh peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif, partai politik maupun  tim kampanye untuk menertibkan atau menurunkan sendiri APK yang dipasang.

Dijelaskan lebih lanjut,  dalam masa tenang tersebut Bawaslu akan melakukan patroli keliling sampai ke pelosok daerah, termasuk Bawaslu di 14 Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah, dan Panwaslu Kecamatan, Desa, kelurahan dan pengawas TPS akan dikerahkan semua untuk mengawasi terutama mencegah kemungkinan terjadinya money politik.

“Masa minggu tenang cukup rawan adanya kecurangan atau pelanggaran. Termasuk money politik. Ini kami pantau,  termasuk memantau aktifitas kampanye hingga penyebaran berita hoax,” tandas Satriadi.

Disampaikannya, Bawaslu Kalteng juga siap menerima laporan maupun informasi dari masyarakat apabila ada menemukan, melihat, mendengar atau mengetahui adanya bentuk pelanggaran baik itu dugaan money politik maupun pelanggaran lainya.

“Kami telah mengundang Panwaslu Kecamatan se Kalteng, untuk melaksanakan apel bersama dalam rangka pengawasan Pemilu 2019, yakni pada 12 April 2019 di Tugu Sukarno mulai pukul 07.00 Wib. Ini bentuk keseriusan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*