INFO
Begini Juknis Fungsional Rumah Ibadah Selama Pandemi

Begini Juknis Fungsional Rumah Ibadah Selama Pandemi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Setiap pengelola rumah ibadah yang ada di Kota Palangka Raya, ketika ingin menfungsikan kembali rumah ibadah di masa pandemi, maka diharapkan dapat mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Harus dikomunikasikan terlebih dahulu, dengan begitu bisa dilakukan asistensi dan pengecekan kesiapan rumah ibadah dalam menerapkan protokol kesehatan,”ungkap Koordinator Divisi Asistensi dan Pengawasan protokol, Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, Yandi, Jumat (10/7/2020).

Saat ini lanjut Yandi, Gugus Tugas Covid-19 tengah menggiatkan sosialisasi ke rumah-rumah ibadah, dalam rangka kesiapan penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah.

Terkhusus untuk Gereja, maka sebut Yandi ada 12 poin yang harus dipenuhi oleh pengelola rumah ibadah tersebut. Diantaranya, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, pengaturan jarak antar jemaat dan menata ulang susunan kursi.

Kemudian kewajiban penggunaan masker, penyediaan thermogun dan membentuk tim pelaksana protokol kesehatan. Selanjutnya, pengelola rumah ibadah harus rutin melakukan disinfeksi serta memastikan tak ada kegiatan jual beli di dekitar lokasi rumah ibadah.

Berikutnya, mengatur pembatasan jumlah peserta ibadah atau menambah jumlah pelaksanaan ibadah pada jam tertentu, memberlakukan penerapan protokol kesehatan secara khusus bagi pengunjung yang bukan jemaat sekitar, tidak membawa anak usia dibawah 10 tahun.

“Terakhir pihak gereja harus memasang spanduk maupun brosur himbauan terkait protokol kesehatan,”jelasnya.

Sedangkan bagi masjid/mushalla, Yandi menjelaskan hal yang diatur kurang lebih sama seperti pada rumah ibadah gereja.

“Membedakan hanyalah terkait pengaturan jarak/shaft salat, menggulung karpet, mewajibkan jemaah membawa sajadah sendiri, dan pembentukan pos reaksi cepat (PRC) dari pengurus masjid,”bebernya.

Ungkap Yandi, merupakan sebuah kewajiban bagi pengelola rumah ibadah untuk mengikuti asistensi serta mengisi form kesiapan rumah ibadah dalam menerapkan protokol kesehatan. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*