INFO
Belum Ada Laporan, Petugas KPPS PPS dan PPK di Palangka Raya Jatuh Sakit

Belum Ada Laporan, Petugas KPPS PPS dan PPK di Palangka Raya Jatuh Sakit

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Proses panjang yang melelahkan harus dilalui Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), bersama dengan petugas saksi dari partai, caleg, maupun capres peserta Pemilu 2019 di Kota Palangka Raya.

Bagaimana tidak, sudah terhitung memasuki hari kelima ini mereka terus mengikuti proses pleno rekapitulasi suara pemilu 17 April lalu di tingkat kecamatan, dan hingga kini hanya sebagian PPK yang sudah menyelesaikan tugas negara tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah menyatakan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan, sejak pelaksanaan pemilu 17 April hingga saat ini belum ada laporan anggota KPPS, PPS maupun PPK atau petugas saksi dari partai, caleg, maupun capres peserta pemilu, yang sampai jatuh sakit akibat kelelahan.

“Kalau kelelahan, pastilah itu manusiawi, karena pekerjaaan ini begitu berat,” katanya, Selasa (23/4/2019).

Untuk pleno suara pemilu di tingkat PPK lanjut Ngismatul, pihaknya sudah meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kota setempat serta pihak kesehatan dari kepolisian, untuk melakukan check up kesehatan bagi para petugas yang melaksanakan atau mengikuti pleno rekapitulasi suara.

Pemeriksaan kesehatan itu jelas dia, juga dilakukan bagi petugas keamanan, seperti Polri dan TNI yang kelelahan bertugas pengawali pelaksanaan pleno PPK.

“Petugas medis telah membantu melakukan memeriksa kesehatan para petugas disetiap kecamatan. Meskipun pemeriksaan ini dilakukan bersifat mobile. Artinya sewaktu-waktu petugas kesehatan datang ke lokasi pleni,” tuturnya.

Memang lanjut Ngismatul, dari hasil pengecekan kesehatan petugas, kebanyakan dari mereka mengalami kelelahan karena harus melakukan pleno rekapitulasi suara dari pagi hingga malam hari.

“Di Palangka Raya hingga saat ini belum ada laporan anggota penyelenggara pemilu yang sampai jatuh sakit parah atau sampai terkena musibah meninggal dunia. Kita berharap jangan sampai hal itu terjadi, dan bisa dilewati dengan baik,” harapnya.

Ditambahkan Ngismatul, hingga kini, untuk pleno hasil Pemilu 17 April lalu tingkat kecamatan masih berlangsung, dan diharapkan dua tiga hari kedepan pleno tersebut dapat dituntaskan disemua PPK.

“Untuk proses pleno rekapitulasi suara pemilu di tingkat KPU Kota Palangka Raya, paling tidak kami targetkan dapat dilaksanakan pada akhir bulan April ini,” pungkas Ngismatul. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*