INFO
Belum Ada Peningkatan Kasus ISPA

Belum Ada Peningkatan Kasus ISPA

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam beberapa hari terakhir kualitas udara di Kota Cantik Palangka Raya sedikit terganggu oleh kemunculan asap tipis yang ditengarai berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kondisi tersebut terlihat pada, Jum’at (26/7/2019) pagi hingga menjelang siang, dimana kabut asap tipis cukup terasa menyengat terutama bau dari asap kebakaran lahan membuat perih pandangan serta terasa ditenggorokan.

Kondisi ini tentu memunculkan kekhawatiran dari dampak negatif karhutla yang selalu datang di musim kemarau.

Terlepas dari itu menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, meskipun kabut asap tipis mulai muncul terutama di pagi hari diwilayah kota tersebut, namun belum ada peningkatan jumlah kasus untuk penderita yang terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Kita bersyukur, hingga kini tidak ada peningkatan yang berarti pada kasus ISPA terkait musim kemarau dan dampak kabut asap,”ungkapnya.

Namun begitu kata dia, masyarakat harus tetap waspada, pasalnya  pada musim kemarau sejumlah penyakit seperti ISPA maupun diare akan rentan terjadi.

“Ya,  saat ini belum ada informasi tingginya kasus ISPA, kita harap ini jangan sampai terjadi,” ujarnya lagi.

Untuk mengantisipasi penyakit yang kerap muncul saat musim kemarau terlebih saat kabut asap terjadi, maka tidak lain kata Andjar, adalah memperbanyak mengkonsumsi nutrisi gizi seimbang dan minum air putih serta secara intens menjaga kebersihan rumah dari berbagai debu akibat suhu udara yang kering.

Saya selalu katakan, jika musim kemarau ini identik dengan penyakit yang mudah menyerang masyarakat. Terlebih ketika udara berasap. Jadi harus menggunakan masker, baik bagi orang tua atau anak-anak,” sarannya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*