TERKINI
Belum Ditemukan Kasus PMK di Kota Cantik

Belum Ditemukan Kasus PMK di Kota Cantik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini semua daerah, termasuk di Kota Palangka Raya terus melakukan pengawasan terhadap hewan sapi pasca dilaporkan muncul penyakit mulut dan kuku (PMK) dibeberapa daerah seperti Jawa Timur.

Namun sampai saat ini petugas Dinas Katahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya belum menemukan adanya PMK. Hal ini setelah petugas DKPP melakukan pemeriksaan sapi di RPH dan peternak.

“Kami sudah melakukan penelusuran klinis dibeberapa kandang pemotong dan peternak. Hasilnya belum kita temukan adanya indikasi kasus PMK,” Kepala UPT Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono, Jumat (13/5/2022).

Saat ini DKPP terus melakukan berbagai upaya pencegahan agar virus PMK tidak masuk ke Kota Cantik Palangka Raya. Di antaranya pembatasan lalu lintas hewan ternak dan penelusuran klinis.

“Secera kontinyu kami terus melakukan pengawasan di rumah potong hewan (RPH) dan sosialisasi PMK kepada para peternak agar Palangka Raya aman dari virus PMK,” sebutnya.

Eko menjelaskan saat ini kebutuhan daging di Kota Palangka Raya masih disuplai dari luar daerah, sehingga selama terjadi wabah PMK ini maka bagi sapi yang akan didatangkan ke Kota Cantik haris memiliki surat keterangan bebas PMK dari daerah asal. (MC Isen Mulang .2/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*