INFO
Benang Bintik, Lukisan Harmonisasi Alam dan Budaya Dayak

Benang Bintik, Lukisan Harmonisasi Alam dan Budaya Dayak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Indonesia kaya akan seni dan kebudayaan yang tersebar diseluruh pulau di Indonesia, salah satunya adalah batik yang tentunya setiap daerah memiliki ciri khas dan motif masing-masing, begitu juga dengan pulau kalimantan khususnya Kalimantan Tengah yang terkenal dengan motif bintiknya.

Ternyata suku dayak ngaju tidak hanya kaya akan budaya dan adat istiadatnya saja, namun juga memiliki gambaran kehidupan yang dituangkan ke dalam sebuah kain yang bermotif yang dikenal dengan nama benang bintik.

Anang, salah satu pengrajin batik yang sudah cukup lama berkecimpung dalam usaha pembuatan batik yang berlokasi jalan badak, Kota Palangka Raya saat ditemui awak media center Isen Mulang di kediamannya sekaligus workshop, Selasa (11/12/2018), menjelaskan bahwa batik benang bintik ini memiliki keistimewaan karena jenis motif yang tertuang dalam kain melukiskan harmonisasi alam dan kebudayaan suku dayak

Salah satu wujud motif yang dipercaya sebagai simbol kepercayaan suku dayak adalah batang garing atau pohon kehidupan. pohon ini melambangkan suatu hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan dan hubungan horizontal antara manusia dengan mahkluk lainya, tambahnya

Selain motif diatas terdapat motif- motif pilihan yang semakin memperkaya warisan budaya seperti motif bajakah (tumbuhan lokal yang berada di kalteng), Mandau (senjata khas suku dayak), Burung Tingang (burung khas dayak), Huma Betang (rumah khas dayak, motif ukiran dayak, hingga motif balanga.

Dalam tahapan pembuatan benang bintik yang memiliki kualitas dan nilai seni yang tinggi tentunya membutuhkan proses yang tidak sebentar dan juga tidak mudah, tutupnya. (MC. Isen Mulang/ engga)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*