INFO
Bentuk Tim Kecil Untuk Pantau Harga Gas LPG 3 Kg

Bentuk Tim Kecil Untuk Pantau Harga Gas LPG 3 Kg

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio memerintahkan kepada Asisten II Anwar Sanusi Umarnur Gayo untuk segera membentuk tim kecil guna memantau harga dan distribusi gas LPG 3 Kg.

Perintah Mofit ini disampaikan saat memimpin rapat dalam rangka menyikapi mahalnya harga gas LPG 3 Kg, Rabu (18/4/2018). Rapat ini dihadiri perwakilan agen gas LPG, Pertamina, aparat kepolisian, Satpol PP, dan YLKI.

Sebagai wakil kepala daerah, Mofit tidak ingin mendengar lagi harga gas elpiji tetap mahal, karena di sisi lain suplay dari Pertamina cukup, bahkan tahun ini kuotanya ditambah 2 persen dari kuota 2017 sebanyak 7.445 metrik ton.

Dalam rapat ini Mofit juga mengharapkan semua pihak ikut mengawasi penjualan gas LPG 3 Kg, sebab kewenangan pemerintah daerah sangat terbatas dan hanya sebatas menentukan harga eceran tertinggi (HET) dan penerbitan izin.

“Kami ini tidak berhak menangkapi penjual, tapi bisa menertibkan dengan cara mencabut izinnya bila penjual gas LPG itu nakal,” tegasnya. Mofit menyarankan jika tim kecil sudah terbentuk maka harus tegas dalam melakukan pemantauan.

Diketahui, hingga 31 Desember 2017 di Kota Palangka Raya hanya ada empat agen gas LPG, yakni PT Putra Itah, PT Bersama, PT Resbayu, dan PT Lumut.

Secara rinci PT Putra Itah melayani 46 pangkalan, PT Bersama melayani 78 pangkalan, PT Resbayu melayani 69 pangkalan, dan PT Lumut melayani 23 pangkalan.

Kemudian secara wilayah di Kecamatan Rakumpit ada 1 pangkalan, Kecamatan Sabangau 9 pangkalan, Kecamatan Bukit Batu 6 pangkalan, Kecamatan Jekan Raya 111 pangkalan, dan Kecamatan Pahandut 89 pangkalan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*