INFO
Berbagi Informasi dan Berbagi Kasih di Rumah Belajar dan Membaca “Ransel Buku”

Berbagi Informasi dan Berbagi Kasih di Rumah Belajar dan Membaca “Ransel Buku”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketika pertama kali Tim Media Center Isen Mulang Kota Palangka Raya berkunjung ke Rumah Belajar dan Membaca ” Ransel Buku” yang terletak di pinggiran DAS Kahayan Kelurahan Petuk Ketimpun pada tanggal 10 September 2019 yang lalu, membuat Tim MC Isen Mulang tergerak untuk bisa berkontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa yang tinggal di pinggiran DAS Kahayan sekaligus berbagi kasih untuk anak-anak usia sekolah yang rata-rata orang tuanya sebagai nelayan.

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, maka Tim MC Isen Mulang dalam hal ini dari Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik bekerjasama dengan Bidang e-Government Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Palangka Raya melakukan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Internet Secara Sehat dan Literasi Media di Rumah Belajar dan Membaca “Ransel Buku”, Kamis (3/10/2019).

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh pendiri “Ransel Buku”, Fery Irawan pemuda jebolan dari Universitas Palangka Raya yang sangat konsen dalam dunia pendidikan terutama dalam upayanya untuk bisa mengabdikan dirinya bagi kemajuan anak-anak di kampung halamannya.

Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat dan Literasi Media ini selaku Koordinator adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Martiana Winarsih, dan sebagai pemateri adalah Andika Afriadhy  dan Julian Fitrahadi.

Materi yang disampaikan membuat anak-anak sangat antuasias untuk mendengarkan dan memperhatikan karena dikemas secara menarik dan diselingi dengan games untuk mengasah daya ingat dan diajak menonton video motivasi tentang kebaikan, hidup untuk berbagi dengan sesama dan juga memotivasi anak-anak untuk bekerja keras dan tekun belajar untuk menggapai cita-cita mereka meskipun dengan keterbatasan fasilitas yang mereka miliki.

Sebagai reward bagi anak-anak yang dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dengan baik, mereka diberikan pertanyaan dan diberikan hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Sebanyak 21 hadiah yang disediakan dari Diskominfo Kota Palangka Raya yang terdiri dari 9 hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar, 4 hadiah untuk lomba mewarnai bagi anak-anak TK dan  SD (Kelas1-3), 5 hadiah lomba membaca Pancasila dengan baik dan benar, serta 3 hadiah untuk lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan baik dan benar.

Fery katakan, sebagai pendiri sekaligus sebagai Koordinator Program dan Pengajar “Ransel Buku” dibantu oleh 4 temannya diantaranya Liliana sebagai tenaga pengajar bahasa inggris, Melisa sebagai tenaga pengajar kesenian tari untuk melestarikan kebudayaan lokal, dan Dani tenaga pengajar bahasa Inggris yang juga menjalankan program perahu ransel buku di Kelurahan Marang.

Lanjut Fery, semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan juga di Rumah Membaca dan Belajar “Ransel Buku” yang berada di pinggiran DAS Kahayan yang terletak di Kelurahan Marang. Untuk Diskominfo Kota Palangka Raya harapannya bisa sebagai mitra kerja dalam menjalankan program literasi informasi dan komunikasi secara berkelanjutan dengan Ransel Buku, tutupnya.(MC. Isen Mulang/win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*