INFO
Beri Sanksi Mendidik Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Beri Sanksi Mendidik Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya Norkhalis Ridha mengatakan, pandemi Covid-19 ini, telah membawa kondisi suatu daerah menjadi ekstraordinary.

“Contoh, ketika Pemerintah Kota Palangka Raya ingin mendisiplinkan warga menjalankan protokol kesehatan, maka harus dilengkapi sanksi. Akan tetapi sanksi harus disesuaikan dengan peraturan yang berlaku,”ungkapnya, Rabu (1/7/2020).

Secara prinsip kata Ridha, sanksi boleh saja diterapkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, sepanjang sejalan dengan aturan dan mekanisme perundang undangan yang berlaku.

Ada baiknya ungkap dia, dalam penerapan sanksi yang bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan, maka pihak gugus tugas selaku pelaksana teknis di lapangan harus bisa berimprovisasi.

“Kembali lagi perlu diperhatikan, untuk melakukan hukuman sanksi, misalnya sanksi denda atau sanksi sosial, maka harus ada aturan yang di atasnya yang mengatur, misalnya perwali tadi,”sebutnya.

Dikatakan Ridha, sanksi dalam sebuah aturan yang diterapkan, hendaknya dapat menjadi pintu masuk, dimana selain sebagai bentuk ketegasan dari aturan, disisi lain diberlakukannya sanksi adalah bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat.

“Bisa dibayangkan, lebih dari tiga bulan kita mengalami fase Covid 19 , dan seiring itu berbagai macam himbauan dan sosialisasi telah dilakukan oleh pemerintah, dan saya yakin masyarakat sudah memahami dan mengerti berbagai anjuran tersebut,”tambahnya.

Memang tidak bisa dipungkiri lanjut dia, masih ada sebagian kecil dari masyarakat yang kurang disiplin dan terkesan menganggap remeh pandemi Covid-19. Sehingga perlu diberikan teguran atau sanksi.

“Namun lagi-lagi sanksi yang diperlukan adalah sanksi yang mendidik bukan sanksi yang menjatuhkan atau bahkan bisa menghina masyarakat. Jadi tujuan sesungguhnya adalah semata-mata agar masyarakat tidak mengulangi perbuatannya,”tutup Ridha. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*