INFO

Bersiap Hadapi Kunjungan Wisnus dan Wisman

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, mengatakan untuk menghadapi membludaknya kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) saat musim libur panjang lebaran, maka pihak Disbudpar kabupaten/kota terus melakukan kesiapan.

“Pokdarwis, biro perjalanan hingga pelaku usaha kuliner dan lain sebagainya, harus bersiap menyambut kunjungan wisatawan ke obyek wisata,” ungkapnya, Kamis (23/5/2019).

Jika berkaca pada musim libur panjang lebaran sebelumnya lanjut Guntur, maka jelas terlihat tingginya kunjungan wisatawan lokal maupun wisnus dan wisman ke berbagai obyek wisata yang ada.

“Makanya kita meminta semua kabupaten/kota melalui Disbudpar masing-masing untuk bersiap,” ucapnya menekankan.

Kesiapan itu kata dia dapat dilakukan pengembangan langsung di obyek wisata. Mulai dari sarana dan prasarana maupun atraksi wisatanya.

“Faktor keamanan, ketertiban dan kenyamanan pengunjung juga harus diperhatikan,” cetusnya.

Dalam bagian lain Guntur mengatakan, jika jumlah wisatawan ke Kalteng setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Baik jumlah wisatawan domestik, nusantara maupun mancanegara.

“Peningkatan mulai terjadi sejak tahun 2016, dimana wisatawan domestik tercatat masuk sebesar 824.130 orang dan 20.496 orang untuk wisatawan mancanegara,” sebutnya.

Setelah itu tambahnya, sedikit demi sedikit jumlah wisatawan terus mengalami kenaikan, pada tahun 2017 tercatat jumlah wisatawan domestik ada sekitar 839.915 orang dan untuk mancanegara ada 26.519 orang.

“Tahun 2018 yang lalu terjadi peningkatan menjadi 952.389 orang untuk domestik dan 38.610 untuk wisatawan mancanegara,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*