INFO
Bersiap Sambut Pesta Demokrasi 2020

Bersiap Sambut Pesta Demokrasi 2020

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masyarakat Kalteng tidak lama lagi akan dihadapkan pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada), yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng (Pilgub) untuk periode lima tahun kedepan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka, Ngismatul Choiriyah mengatakan, saat ini pihaknya tengah memulai tahapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng tahun 2020.

“KPU Kota Palangka Raya saat ini tengah melaksanakan tahapan awal penyusunan DPS, untuk Pilgub Kalteng 2020,” bebernya,Rabu (22/1/2020).

Dikatakan, pada tahapan penyusunan DPS, setidaknya menjadi acuan bagi masyarakat di Kota Palangka Raya untuk memastikan dirinya telah masuk dalam daftar pemilih Pemilu 2020.

“Silahkan masyarakat dapat memeriksa kembali daftar DPT sebelumnya pada data resmi yakni di lindungihakpilihmu.kpu.go.id,”terangnya.

Selanjutnya, jika ada masyarakat yang merasa belum terdaftar pada DPS Pemilu 2020, atau adanya keluarga atau tetangga meninggal dapat melaporkan diri ke Kantor KPU Palangka Raya secara langsung.

“Laporkan jika ada keluarga atau tetangga yang meninggal dunia sebagai upaya menghilangkan kegandaan, melalui whatsapp di nomor 085393835959,”sebutnya.

Selebihnya Ngismatul mengatakan, perlunya masyarakat aktif mengecek data dirinya pada daftar pemilih tetap (DPT) sebelumnya, yakni DPT pada Pemilu 2019, tidak lain agar penyusunan DPS Pilkada 2020 dapat maksimal.

“Setidaknya potensi kegandaan bisa dicegah, dan masyarakat Palangka Raya yang telah memenuhi syarat dapat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada pilkada 23 September 2020 nanti,”tuturnya

Terpisah Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, meskipun pelaksanaan pesta demokrasi di provinsi yang berjulukkan Bumi tambun Bungai tersebut masih memasuki pada pelaksanaan tahapan – tahapan pilkada. Akan tetapi ada baiknya masyarakat sudah bersiap diri untuk berpartisipasi menyukseskannya.

Bentuk partisipasi guna menyukseskan pelaksanaan pilkada 2020 tersebut kata dia, tidak lain dengan cara memberikan hak pilihnya terhadap para pemimpin pada saatnya nanti.

“Setidaknya masyarakat bisa memastikan dirinya terlebih dahulu masuk dalam daftar pemilih tetap kemudian pada saatnya gunakan hak pilih untuk memilih calon pemimpin sesuai hati nurani,”ujarnya.

Menurut Fairid, masih panjangnya tahapan pelaksanaan pilkada setidaknya memberi ruang bagi masyarakat , terutama yang ada di Kota Palangka Raya, untuk mengenali latar belakang dan seluk-beluk figur yang akan dipilih memimpin Provinsi Kalteng dalam periode lima tahun kedepan.

“Kami juga mendorong agar masyarakat turut aktif melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada 2020, sehingga dapat mempersempit ruang gerak pelaksana maupun pelanggaran,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*