INFO
Bersiap Sambut Wisata Natal dan Tahun Baru

Bersiap Sambut Wisata Natal dan Tahun Baru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana setiap menjelang hari besar keagamaan maupun moment tertentu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan meminta para pelaku usaha pariwisata di provinsi yang berjulukkan Bumi Tambun Bungai itu untuk bersiap dan berbenah, terutama menghadapi kunjungan wisatawan.

“Seperti halnya menghadapi libur Natal dan serta tahun baru atau pergantian tahun, maka para pelaku usaha wisata harus melakukan kesiapan, pembenahan dan antisipasi,” ungkapnya, Minggu (15/12/2019).

Kesiapan dan antisipasi yang dimaksud lanjut dia, tentu selain berbenah dalam segi kesiapan fasilitas dan wahana, disisi lain standar pelayanan harus ditingkatkan, mengingat saat musim libur Natal dan tahun baru nanti akan terjadi kenaikan kunjungan wisatawan.

“Kenaikan itu bisa sampai dua atau tiga kali lipat dari biasanya. Seperti kita lihat pada obyek wisata “Air Hitam” Palangka Raya maupun Taman Nasional Sebangau,” ujarnya.

Menurut Guntur, memberikan pelayanan yang terbaik untuk menyambut wisatawan lokal termasuk pula mancanegara, harus bisa dilakukan oleh para pengelola wisata. Terutama mengutamakan kenyamanan, keamanan dan keselamatan wisatawan.

“Kalau dilihat masa libur tahun kemarin, kenaikan kunjungan wisatawan itu sampai dua kali lipat dari hari biasa. Khusus di Palangka Raya, Kobar maupun obyek wisata di Kotim peningkatan hampir di semua lokasi wisata,” katanya.

Dikatakan, perlunya bersiap dan berbenah, dalam menghadapi kunjungan wisatawan, bukanlah tanpa sebab, mengingat momentum libur keagamaan maupun momentum tertentu menjadi trend bagi wisatawan untuk memanfaatkan waktu libur berwisata.

“Disbudpar Kalteng bersama pihak Disbudpar kabupaten/kota se Kalteng, unsur TNI/Polri serta semua mitra dan pelaku usaha wisata telah melakukan koordinasi, terkait kesiapan menghadapi kunjungan wisatawan nusantara (Wisnus) maupun wisatawan mancanegara (Wisman) jelang Natal dan tahun baru,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*