INFO
BI Kalteng Terus Sosialisasikan Gerakan Non Tunai

BI Kalteng Terus Sosialisasikan Gerakan Non Tunai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah terus mensosialisasikan gerakan non tunai kepada masyarakat dan instansi pemerintah.
 
Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Kantor Perwakilan Kalteng, Setian Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) merupakan usaha BI bersama pemerintah untuk meningkatkan transaksi non tunai melalui program elektronifikasi.
 
“GNNT diharapkan bisa mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi menggunakan instrumen pembayaran tunai menjadi non tunai dari yang manual menjadi elektronik,” katanya, Kamis (7/11/2019).
 
Untuk mendukung kemudahan GNNT, BI membuat inovasi bernama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN memungkinkan adanya interkoneksi dan interoperabilitas.
 
Interkoneksi adalah kondisi dimana antar sistem/teknis/infrastruktur dapat saling terhubung bisa saling bicara dan saling memproses. Sedangkan interoperabilitas adalah kondisi dimana instrumen bisa diterima/diproses diberbagai kanal/device pembayaran (ATM, EDC, Payment Gateway). 
 
Selain itu, dengan menggunakan GPN, seluruh transaksi yang menggunakan GPN tidak lagi diproses di luar negeri dan masyarakat bisa menggunakan untuk bertransaksi disemua mesin EDC diseluruh Indonesia.
 
Setian menjelaskan, selain inovasi GPN, BI juga menghasilkan inovasi baru dalam bidang Sistem Pembayaran yaitu QR Code Indonesia Standard (QRIS) yang diresmikan 17 Agustus 2019. 
 
Dengan QRIS, masyarakat bisa melakukan pembayaran untuk berbagai aplikasi elektronik. Masyarakat cukup menggunakan satu jenis aplikasi pembayaran untuk digunakan keseluruh jenis QR code dari berbagai aplikasi pembayaran.
 
Untuk mendukung GNNT dan perluasan komunikasi inovasi GPN dan QRIS, pada 30 September 2019, BI melakukan sosialisasi di Universitas Muhammdiyah Palangka Raya yang dihadiri sekitar 200 mahasiswa.
 
BI Kalteng juga melakukan koordinasi perluasan elektronifikasi transaksi pemda dan sosialisasi GNNT, GPN dan QRIS dengan seluruh SOPD Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Kotawaringin Timur 8 – 10 Oktober 2019.
 
Pihaknya berharap melalui kegiatan ini seluruh masyarakat Kalteng bisa mendukung dan melaksanakan gerakan non tunai guna mencapai sistem pembayaran yang efisien, aman, dan andal. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*