INFO

Biaya Pemeriksaan Kesehatan Rp18 Juta Per Pasangan Calon

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Biaya yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya untuk pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota cukup besar.

Menurut Anggota KPU Kota Palangka Raya, Harmain Ibrohim Kamis (11/1-2018) total biaya pemeriksaan kesehatan untuk setiap pasangan calon mencapai Rp18 juta lebih.

Sementara itu bakal calon kepala daerah yang menjalani pemeriksaan ada delapan pasang, sehingga total biaya yang harus dikeluarkan untuk tes kesehatan mencapai Rp144 juta.

Untungnya dana yang dialokasikan KPU Kota Palangka Raya untuk biaya pemeriksaan kesehatan tersebut sesuai estimasti awal yakni untuk delapan pasang calon.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dijalani para calon kepala daerah ini meliputi psikiatri, psikologi, neurologi, audiometri/THT, T/E/C jantung, dan spirometri/paru.

Kemudian tes bebas narkoba, bedah, urologi/obgin, ortopedi, gilut, Usg+RO, mata, interna. Untuk pemeriksaan 14 bidang kesehatan ini membutuhkan waktu 8 jam ditambah satu jam ishoma.

Harmain mengatakan sesuai jadwal KPU, pelaksanaan tes kesehatan dilakukan mulai 11 Januari hingga 13 Januari 2018. Kemudian hasilnya akan diplenokan.

Selanjutnya pada 16 Januari 2018 pihak RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kepada KPU Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*