TERKINI
Bimas Hindu Kanwil Kalteng Gelar Rakor Se Kalimantan Tengah

Bimas Hindu Kanwil Kalteng Gelar Rakor Se Kalimantan Tengah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Agar tercipta keselarasan Visi dan Misi dalam Pembinaan Agama, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah melalui Bidang Bimas Hindu menggelar Rapat Koordinasi Pejabat Bimbingan Masyarakat Hindu dengan Pimpinan Lembaga agama dan Keagamaan Hindu se-Kalimantan Tengah, di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, Kamis (2/6/2022).

I Made Adnyana selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung dari tanggal 2-4 Juni ini mengangkat tema ‘Bergerak Bersama untuk Umat Hindu yang maju berdaya saing dan berkarakter’. Dalam Forum ini berbagai materi akan didiskusikan antara lain kewaspadaan nasional, arah prosedur dan kebijakan umat beragama, pemahaman gratifikasi, hingga kebijakan dan pelayanan dalam Kementerian Agama.

Di sisi lain Kabid Bimas Hindu Sisto Hartati menyampaikan bahwa kegiatan Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan menggali potensi daerah dalam pengembangan umat Hindu khususnya di Kalimantan Tengah.

“Selain itu tentu kita juga menginginkan adanya penguatan kerukunan baik intern umat Hindu maupun dalam kehidupan umat beragama,” imbuh Sisto.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H Noor Fahmi melalui Kabag TU Kanwil Kemenag Kalteng H Tuani.

Dalam sambutannya H Tuani menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Rakor ini. Tuani menginginkan pada Rakor ini adanya revitalisasi dan sinkronisasi yang harus dijalankan agar setiap kebijakan sesuai dari atas hingga ke bawah.

“Yang paling penting dari ke semuanya ini adalah adanya action dan tindak lanjutnya, jangan hanya menjadi momentum seremoni biasa,” ucap Tuani.

H Tuaini juga mengajak agar para peserta mampu dan memahami betul PP 55 tahun 2007 yang berkaitan dengan pendidikan dan Keagamaan.

Di akhir sambutannya, Tuani mengajak para pemuka Agama khususnya Agama Hindu yang hadir untuk dapat menjadi pelopor moderasi beragama di dalam kehidupan antar umat beragama.

Adapun Rakor ini diikuti oleh Perwakilan Kantor kemenag Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah serta sejumlah perwakilan berbagai Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu se Kalimantan Tengah.(MC. Isen Mulang/itung-ardika/jld/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*