INFO

Bimbingan Teknis RPPLH Diharapkan Fungsi Lingkungan Hidup Tetap Terjaga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Asisten III Sekretaris Daerah (Setda) Kota Palangka Raya, Kandarani membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Kota Palangka Raya Tahun 2020 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Walikota Palangka Raya, Senin (16/11/2020).

Kandarani menyampaikan kegiatan bimbingan teknis yang berlangsung selama 2 hari (16 s.d 17 november 2020) berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup mewajibkan adanya perencanaan lingkungan yang berkekuatan hukum untuk melengkapi perencanaan pembangunan (RPJP/RPJM).

“RPPLH ini merupakan perencanaan tertulis yang memuat potensi, masalah lingkungan hidup serta upaya perlindungan dan pengelolaannya dalam kurun waktu tertentu yang disusun oleh pemerintah di tingkat nasional, provinsi mapun kabupaten/kota,” jelas Kandarani.

Kandarani menjelaskan sesuai dengan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah Daerah maka penyusunan RPPLH merupakan urusan wajib pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dan disusun serta ditetapkan oleh pemerintah yang bersangkutan.

“Hal ini berarti bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup merupakan mandat yang harus dilaksanakan serta menjadi bagian yang harus terintegrasi ke dalam perencanaan pembangunan daerah dan spasial,” Kandarani menambahkan.

Menurut Kandarani Kota Palangka Raya memiliki 3 wajah yaitu wajah kota, desa dan hutan yang tentunya harus selalu ditata, dijaga dan dirawat, untuk itu pemerintah Kota Palangka Raya berkomitmen untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan secara optimal.

Bimbingan teknis yang diselenggarakan Bappeda Litbang menghadirkan narasumber dari Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Lutfi Muta’ali. (MC. Isen Mulang/ Rani/ic)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*