INFO
Bimtek Pengisian SPT Tahunan Secara Virtual Untuk ASN Kota Palangka Raya

Bimtek Pengisian SPT Tahunan Secara Virtual Untuk ASN Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sehubungann masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah yang belum melaporkan SP Tahunan PPh Orang Pribadi, maka Direktorat Jendral Pajak melalui kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palangka Raya meyelengarakan Sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian SPT Tahunan secara virtual, Selasa (7/9/2021).

Narasumber dari Fungsional Penyuluhan Kanwil DJP Alfathir Badra dan Fahruzzaini dari Kantor
studio 2 kanwil DJP Kalselteng kota Banjarmasin. tentang penggunaan E-Filling yang mudah, cepat dan aman.

“Dasar hukum UU No.6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan, dan beberapa kali diubah terakhir UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pasal 3 ayat 1, Setiap Wajib Pajak wajib mengisi Surat Pemberitahuan dengan benar, lengkap dan jelas, dalam bahasa Indonesia dengan mengunakan huruf latin, angka Arab, satuan mata uang Rupiah dan menandatangani serta menyampaikan ke kantor DJP Pajak tempat wajib Pajak terdaftar atau tempat lain yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak”, ungkap Alfathir Badra.

Dijelaskan juga denda telat lapor SPT diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan umum dan Tata Cara Perpajakan, besaran denda keterlambatan pelaporan SPT yakni denda Rp 100.000,- untuk wajib pajak pribadi, denda Rp 1.000.000,- untuk wajib pajak badan, denda Rp 500.000,- untuk Surat Pemberitahuan Mas Pajak Pertambahan Nilai dan denda Rp 100.000,- untuk Surat Pemberitahuan Masa lainnya.

Fahruzzaini menjelaskan juga, “Kendala yang sering dialami oleh Peserta Wajib Pajak melalui e-filling adalah lupa Password, lupa email dan lupa e-fin. Serta formulir bukti potong 1721 A1/A2 belum diserahkan bendahara, kesalahan menghitung Penghasilan Tidak Kena Pajak, daftar harta tidak diisi, pegawai purna tugas, serat kendala jaringan atau server penuh”.

Diakhir sesi dilakukan tanya jawab sehingga perserta Wajib Pajak ASN kota Palangka yang diikuti sebanyak 80 orang mendapat penjelasan yang detail dari narasumber. Sebelum acara bimtek virtual ditutup diadakan acara Kuis Pajak untuk 4 orang pemenang yang menjawab dengan tepat pertanyaan tentang Perpajakan, salah satu pemenang Puspita Desi dari Dinas Kominfo Kota Palangka Raya. (Mc Isen Mulang/bamw/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*