INFO

BKSDA Kalteng Terima Bayi Orangutan Dari Warga Pulang Pisau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Petugas dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah kembali menerima serahan bayi orangutan dari warga.

Kali ini bayi orangutan berjenis kelamin laki-laki diserahkan oleh warga Desa Sigi-Bukit Goha, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (13/10/2017).

Bayi hewan yang dilindungi ini diserahkan kepada petugas BKSDA Kalteng di Palangka Raya. Bayi orangutan yang diberi nama Topan ini diperkirakan baru berusia 6-8 bulan.

Topan ditemukan oleh warga Desa Sigi pada 12 Oktober 2017 sore saat hendak memasang jaring ikan. Saat itu Topan berada di pingir sungai tanpa induknya.

Saat ditemukan warga, kondisi Topan mengalami dehidrasi cukup berat dan malmutrisi. Kondisi ini terjadi karena Topan tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup dari induknya.

Penyebab lainnya karena hutan sekeliling tempat ditemukannya Topan sudah dalam kondisi terbuka atau gundul dan bekas terbakar sekitar dua tahun lalu.

Selanjutnya oleh BKSDA Kalteng, bayi orangutan ini dititipkan ke Yayasan BOS Nyaru Menteng, Palangka Raya untuk dilakukan treathmen dan cek kesehatannya secara menyeluruh serta akan menjalani rehabilitasi.

Humas BOS Nyaru Menteng, Monterado Fridman mengatakan dengan diterimanya Topan ini menjadi bayi orangutan ke-19 yang akan direhabilitasi di Nyaru Menteng sejak Januari 2017. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*