TERKINI
BNPB : Perlu dilakukan mitigasi dari hulu ke hilir untuk cegah banjir

BNPB : Perlu dilakukan mitigasi dari hulu ke hilir untuk cegah banjir

MEDIA CENTER – Palangka Raya, Walikota Palagka Raya, Fairid Naparin megikuti rapat koordinasi penanganan bencana banjir di wilayah Kalimantan Tengah bersama Kepala BNPB Pusat dan Pemerintah Kabupaten Kota Se Kalimantan Tengah di Ruang Rapat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Sabtu (20/11/2021).

Rapat tersebut di hadiri Kepala BNPB RI, Mayjen TNI Suharyanto, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo, Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasari, Bupati Pulang Pisau, Bupati Katingan, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, serta jajaran lainnya.

BNPB : Perlu dilakukan mitigasi dari hulu ke hilir untuk cegah banjir

Kepala BNPB RI Suharyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa semua stakeholder yang terkait besama-sama mengutamakan keselamatan maupaun keperluan masyarakat yang terdampak banjir seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan dan petugas kesehatan.

“Untuk ke depannya kami dari BNPB RI akan mendampingi Bupati Katingan untuk mengkaji secara dalam penyebab banjir dan hasil tersebut akan kita evaluasi agar bisa dilakukan pencegahan,” ungkap Suharyanto.

Suharyanto menambahkan bahwa untuk mencegah penyebab banjir dengan melaksanakan mitigasi dari hulu hingga ke hilir seperti restorasi sungai, normalisasi sungai dan membuat struktur dinding sungai agar banjir tidak terulang kembali.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan dana siap pakai sebesar Rp500 juta dan kebutuhan logistik serta peralatan dari BNPB Pusat kepada Kabupaten Kotim, Pulang Pisau, Katingan, dan Kota Palangka Raya yang terdampak banjir. Bantuan yang diberikan antara lain makanan siap saji, matras, selimut, dan Perahu Polyethylene . (MC Isen Mulang/Fauji/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*