INFO
Boleh Gelar Salat Jumat Asal Lingkungan Masjid Aman

Boleh Gelar Salat Jumat Asal Lingkungan Masjid Aman

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kota Palangka Raya masih belum memperbolehkan warga melaksanakan salat Jumat berjemaah di masjid. Terutama pada wilayah yang masih menjadi zona merah penyebaran pandemi Covid-19.

Namun demikian ada pengecualian, bagi lingkungan masjid atau area masyarakat di sekitar masjid yang hingga sampai saat ini belum ada warganya terpapar Covid-19, maka masih diperbolehkan melaksanakan salat Jumat.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani.

“Intinya, untuk wilayah yang aman, dan masyarakat sekitar wilayah itu tidak terinfeksi Covid-19, maka dipersilahkan melaksanakan salat Jumat,” ungkap Emi dengan singkat, Kamis (4/6/2020).

Terlepas dari apa yang disampaikan Emi, maka hingga kini banyak permintaan pengurus masjid untuk mendapatkan rekomendaasi pelaksanaan salat berjemaah.

Seperti pengurus Masjid Al Husna yang ada di Kelurahan Menteng, di mana pihak masjid tersebut beberapa waktu lalu, mengajukan permintaan ingin melaksanakan salat Jumat berjamaah. Pihak Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya langsung merespons hal tersebut.

Lurah Menteng Rossalinda Rahmana Sari bersama personil Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, langsung mendatangi masjid Al Husna untuk bertemu dengan pengurus masjid mendiskusikan tentang belum di perbolehkannya pelaksanaan shalat Jumat di masjid.

Rossalinda mengungkapkan awalnya pihak pengurus masjid tersebut minta izin kepada pihak kelurahan melalui via whatsapp untuk mengadakan kegiatan salat Jumat, namun setelah berkoordinasi lebih lanjut pihak pengurus masjid mengikuti anjuran pemerintah.

“Alhamdulilah pengurus masjid kooperatif mengikuti anjuran terkait belum bolehnya masjid melaksanakan salat Jumat sesuai dengan apa yang walikota katakan. Terutama pada wilayah yang masih zona merah,” tutur lurah. (MC. Isen Mulang.1/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*