INFO

BOSF Nyaru Menteng Bersama Kecamatan Bukit Batu Bersinergi Memerangi COVID-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Kecamatan Bukit Batu bekerja sama dalam memerangi penyebaran Virus Covid-19 di Kota Palangka Raya.

Penyebaran Virus Covid-19 ini mendapat perhatian khusus dari yayasan BOSF Nyaru Menteng yang bergerak di bidang Animal Welfare dan langsung mendapat kucuran dana dari Qato Foundation yang berbasis di Denmark.

Dukungan ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kecamatan Bukit batu dan 7 Kelurahan di antaranya Marang, Tumbang Tahai, Banturung, Tangkiling, Sei Gohong, Kanarakan dan Habaring Hurung.
Dan tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk melindungi orangutan yang ada di pusat rehabilitasi Nyaru Menteng melalui migitasi dan antisipasi penyebaran di desa sekitar Nyaru Menteng.

Hal ini disampaikan Bayu, Perwakilan BOSF Nyaru Menteng Kota Palangka Raya dalam kegiatan rapat konsolidasi tim PSKH Kecamatan Bukit Batu dan Yayasan BOSF l, Kamis (9/7/2020).

Bayu mengatakan bentuk dukungan ini berupa pelaksanaan rapid test di 7 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Bukit Batu, sehingga untuk saat ini perlu dilakukan sosialisasi secara menyeluruh dan akurat tentang resiko yang ditimbulkan terhadap manusia dan orangutan serta cara mitigasinya terkait Covid-19.

Selain rapid test nantinya,yayasan BOSF akan memberi dukungan kepada pihak kecamatan bukit batu berupa :
1.Poster Sosialisasi sejumlah 7000 lembar
2.Wastafel set 7 Unit
3.Sabun cuci tangan 42 botol
4.Masker kain sejumlah 7.000 buah
5.Baju Hasmat Set 20 Unit
6.Thermo Gun Infra Red 16 Unit
7.Penutup wajah 21 Unit
8.Solo Sprayer 21 Unit
9.Masker medis 19 box
10.Masker N95 250 buah
11.Alkohol 70% 5 Botol
12.Rapid tes kit 340 buah
13.PCR Tes Swab 20 buah

“Nantinya akan didistribusikan kepada 7 kelurahan yang ada di kecamatan bukit batu ini, dan durasi waktu project ini akan dilakukan selama 3 bulan dari juli sampai september 2020.” Ucap Bayu.

Bayu berharap dengan adanya dukungan dari yayasan BOSF ini masyarakat sekitar dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat demi mencegah penularan Covid-19 dan juga mengurangi resiko penularanya pada orangutan yang ada di Nyaru Menteng yang saat ini masih direhabilitasi.

Di tempat yang sama, Camat Bukit Batu Hendrikus Satria Budi memberi apresiasi tinggi terhadap yayasan BSOF ini dalam upaya menanggulangi penyebaran covid-19 di wilayahnya dan berharap kegiatan ini nantinya akan dirasakan masyarakat secara luas khususnya di kecamatan Bukit Batu.

“Saya mengucapkan rasa bangga dan terima kasih atas perhatian pihak BSOF dalam memerangi penyebaran Covid-19, semoga apa yang telah dilakukan pihak BSOF dapat dirasakan manfaatnya oleh warga dalam memerangi virus ini,” ucap Hendrikus. (MC Isen Mulang/Gusti/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*