INFO
BPJS Evaluasi Anggaran Tahun 2020

BPJS Evaluasi Anggaran Tahun 2020

MEDIA CENTER, Palangka Raya – BPJS Kota Palangka Raya laksanakan rapat membahas monitoring dan evaluasi anggaran Iuran JKN KISS di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Jumat (18/10/2019).
 
Rapat dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, drg. M. Masrur Ridwan,M.Kes. AAAK dan dinas terkait seperti, BPKAD, Dinas Sosial, Kepala Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan.
 
Masrur Ridwan menyebut, “Dengan adanya rencana Pemerintah Pusat menaikkan premi BPJS tahun 2020, diharapkan agar Pemerintah Kota Palangka Raya menyiapkan anggarannya dan mengakomodir peserta BPJS.
 
Tak kalah penting lagi adalah mempersiapkan penyesuaian terhadap ASN Pemko Palangka Raya dengan adanya porsi tunjangan kinerja akan masuk ke komponen pembayaran iuran BPJS dengan porsi 1% dari gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja akan menjadi beban pegawai yang bersangkutan dan 4% dari Pemerintah Kota”, jelas Masrur.
 
Lebih lanjut Masrur mengungkapkan, “Pembayaran premi baik dari ASN maupun dari masyarakat kota sampai saat ini lumayan bagus walaupun untuk ASN daerah masih ada selisih pembayaran sampai September 2019 tapi dari Pemerintah Kota sendiri sudah melakukan pelunasan secara keseluruhan dan kami berharap ke depannya tidak ada lagi selisih dari ASN Pemko”.
 
Kepala BPJS Kota Palangka Raya juga mengharapkan melalui Dinas Sosial agar mendata masyarakat dengan valid agar bisa dibedakan kelompok masyarakat yang membayar premi dan masyarakat yang dibantu pemerintah, selanjut kelompok masyarakat dari segmen pekerja penerima upah swasta.
 
“Malah banyak kita dapati karyawan swasta menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) padahal seharusnya mereka menjadi tanggungan perusahaan atau pemberi kerja, agar pemerintah tidak dirugikan dengan hal ini dan perusahaan pemberi kerja punya beban dan tanggung jawab terhadap karyawannya”, tuturnya.
 
Karena ini adalah program negara tentu semua stakeholder khususnya di Kota Palangka Raya bersama – sama mensukseskan program BPJS, karena manfaatnya banyak dirasakan masyarakat yang menggunakan dan perlu gotong royong dari seluruh elemen masyarakat sesuai dengan prinsip BPJS” Dengan Gotong Royong Semua Tertolong”, tutup Masrur mengakhiri pembicaraannya. (MC. Isen Mulang/ Rani).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*