INFO

DPMP2AKB Adakan Pertemuan dengan Pokja Kampung KB Tumbang Rungan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – DInas Pengendalian Kependudukan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (KB) (DPMP2AKB) Kota Palangka Raya mengadakan pertemuan dengan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Kelurahan Tumbang Rungan, Kecamatan Pahandut, Senin (20/11/2017).
 
Acara pertemuan yang dipimpin Kabid Pengendalian Penduduk pada BPMP2AKB Kota Palangka Raya, Eddy Sunarto, SH, MM ini juga dihadiri Lurah Tumbang Rungan Purwanto, Babinkamtibmas, dan sekitar 40-an anggota Pokja Kampung KB Tumbang Rungan.
 
Dalam pertemuan ini menghadirkan nara sumber Kasi Penyuluhan PLKB dan Penggerakan pada BPMP2AKB Kota Palangka Raya, Saden. Adapun materi yang dibahas adalah seputar program kerja Pokja Kampung KB Tumbang Rungan yang akan dilaksanakan di 2018.
 
Sebab sejak ditetapkan sebagai kampung KB, Pokja Kampung KB Tumbang Rungan kurang aktif, sehingga dengan adanya pembinaan dan pertemuan dari BPMP2AKB Kota Palangka Raya ini diharapkan di 2018 program kerjanya lebih aktif dalam mensukseskan program KB.
 
“Apalagi di 2018 nanti semua kampung KB akan mendapatkan bantuan Rp102 juta dari BKKBN provinsi, karena itu mulai sekarang Pokja Kampung KB harus menyusun program,” kata Eddy Sunarto.
 
Eddy menjelaskan maksud ditetapkannya Kampung KB pada suatu kelurahan tidak hanya mengurusi masalah kependudukan saja, namun diharapkan semua program lintas sektor bisa diarahkan dalam suatu kelurahan, sehingga pembangunan di semua sektor bisa cepat dituntaskan.
 
Misalnya dinas pertanian memprogramkan bantuan benih, dinas peternakan memberikan bibit ikan dan ternak. Kemudian dinas BPMP2AKB memberikan pelatihan, pembinaan, dan pelayanan KB. “Khusus dinas PU tahun ini sudah membuatkan 12 WC kepada warga Tumbang Rungan,” ujarnya.
 
Eddy menambahkan sejak ditetapkan sebagai Kampung KB, kini partisipasi masyarakat Tumbang Rungan sudah cukup bagus dalam mengikuti program KB. Hanya saja perlu edukasi secara terus-menerus agar masyarakat memahami tujuan ‘wajib’ ber-KB untuk menuju keluarga sejahtera dan bahagia. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*