INFO
BPS Kota Palangka Raya Melakukan Pemutakhiran Data Potensi Desa (Podes)

BPS Kota Palangka Raya Melakukan Pemutakhiran Data Potensi Desa (Podes)

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pembangunan desa telah menjadi prioritas dalam pembangunan nasional. BPS Kota Palangka Raya melakukan Pemutakhiran Data Potensi Desa (Podes), bertempat di jalan Wahidin Sudirohusodo, Senin (1/7/2019) 
 
Dalam wawancara awak media center dengan Kepala Seksi Statistik Sosial, Choiril Anwar, mengatakan “Podes secara umum bertujuan memutakhirkan data perkembangan desa untuk menghasilkan data bagi keperluan pembangunan wilayah”. 
 
Lanjutnya, jadi yang dimaksud data potensi wilayah adalah ketersediaan insfrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial ekonomi di setiap kelurahan. Dan untuk Kota Palangka Raya pelaksanaannya mulai tanggal 17 Juni sd 19 Juli 2019. Total ada 30 Kelurahan dan 5 kecamatan di Kota Palangka Raya.
 
Sedangkan Koordinator Statistik Kecamatan, Hanjar Darmawan menambahkan, bahwa untuk 
pemutakhiran data perkembangan desa dikumpulkan melalui aplikasi CAPIPODES2019 UPADATING. Salah satu contoh dari pertanyaan di aplikasi tersebut, “Apakah ada SMA atau SMK di kelurahan tersebut?” dan misal jawaban tidak ada, maka ada pertanyaan selanjutnya “Berapa jarak terdekat SMA atau SMK yang ada?”.
 
Tambahnya, selain itu tantangan yang dihadapi adalah ketidaklengkapan data yang tersedia di beberapa wilayah dan narasumber merupakan halangan untuk menghasilkan data yang bermutu. 
 
Sehingga Hanjar mengatakan, langkah yang akan ditempuh untuk menghasilkan data yang berkualitas antara lain. Pertama, wawancara dengan beberapa aparatur pemerintah desa/kelurahan. Kedua, wawancara dengan narasumber lain yang berwenang dan relevan, dan yang terakhir konfirmasi kembali kepada aparatur pemerintah desa setelah mendapat data dari narasumber lain yang terkait dan relevan. (MC. Isen Mulang/Bambang.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*