INFO
BPS Kota Palangka Raya Siapkan MAKO SP2020

BPS Kota Palangka Raya Siapkan MAKO SP2020

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sensus penduduk tahun 2020 akan segera digelar, ini merupakan agenda rutin BPS yang diselenggarakan setiap 10 tahun sekali. Dalam rangka mempersiapkan kegiatan tersebut dan untuk kelancaran pelaksanaan nantinya BPS Kota Palangka Raya menyiapkan Markas Koordinasi atau yang akrab dikenal MAKO SP2020, Ungkap Kepala BPS Kota Palangka Raya, Agie pada acara peresmian MAKO SP2020, di Kota Palangka Raya, Rabu (30/10/2019).
 
Peresmian MAKO SP2020 BPS Kota Palangka Raya ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Yomin Tofri. Pada Kesempatan tersebut Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada BPS Kota Palangka Raya karena telah menyiapkan ruangan yang representatif dan yang pertama kali diresmikan untuk seluruh BPS Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah.
 
Yomin berkeyakinan bahwa BPS Kota Palangka Raya sudah berkoordinasi secara baik dengan organisasi perangkat daerah yang ada di Kota Palangka Raya, khususnya yang terkait dengan kegiatan sensus penduduk tahun 2020. Ini terlihat dengan kehadiran Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Palangka Raya, Lukmanul Hakim, Sekretaris Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Kota Palangka Raya, Anna Menur serta Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Dila Kristiana.
 
Selanjutnya Yomin juga menyampaikan bahwa sensus penduduk tahun 2020 ini kali pertama dilakukan sensus secara online, untuk itu diharapkan koordinasi yang baik untuk bersama sama mendorong bagaimana supaya setiap warga khususnya aparatur sipil negara melakukan sensus mandiri secara online.
 
Lanjutnya sensus penduduk merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BPS dalam rangka mencatat penduduk yang ada di seluruh Wilayah Indonesia termasuk Korps Diplomatik RI. Yang tujuannya adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.
 
Tidak hanya mencatat Warga Negara Indonesia(WNI), SP2020 juga akan mencatat Warga Negara Asing (WNA) yang telah atau tinggal selama minimal satu tahun di Indonesia.
 
Dalam SP2020 BPS memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan SP2020 dengan melakukan pendataan secara mandiri tanpa proses wawancara langsung dengan petugas. Sensus mandiri ini akan dilaksanakan pada 15 Pebruari 2020 hingga 31 Maret 2020 melalui laman sensus.bps.go.id
 
“SP2020 merupakan salah satu upaya mencapai Satu Data Indonesia, diharapkan di tahun-tahun yang akan datang, data kependudukkan Indonesia sudah tidak dikumpulkan melalui sensus namun lewat administrasi penduduk yaitu data DUKCAPIL, Itu harapan kita semua” tegas Yomin Tofri. 
 
Perwakilan dari Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil Kota Palangka serta Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya secara tegas menyampaikan siap untuk membantu dalam mensukseskan kegiatan SP2020. Sekretaris Dinas Kominfo SP Kota Palangka Raya, Anna Menur pun menyatakan bahwa sesuai tugas dan fungsi akan membantu didalam mendiseminasikan atau menyebarluasan informasi terkait kegiatan SP2020 ini. (MC Isen Mulang/Dila/Lydia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*