INFO
Budidaya Ikan Air Tawar di Palangka Raya Potensial

Budidaya Ikan Air Tawar di Palangka Raya Potensial

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalteng, Sugianor, mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk dapat mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Pasalnya kata dia sektor perikanan ini berpotensi besar dalam memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah kota melalui dinas teknisnya harus mampu menangkap peluang ini. Mulailah berinovasi untuk pengembangan budidaya ikan air tawar. Terlebih kondisi alam kita sangat mendukung,” tuturnya,Kamis (28/03/2019).

Lebih lanjut Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini mengatakan, sudah sangat tepat jika saat ini ada upaya Pemerintah Kota Palangka Raya untuk membangkitkan sektor ekonomi dibidang perikanan.

Terutama program bantuan seperti pengadaan bibit dan pakan untuk pembudidaya skala kecil, pengelolaan balai benih ikan, dan pengembangan cara budidaya ikan terus dijalankan. “Semua ini perlu didorong agar membuahkan hasil,” jelasnya.

Menurut Sugianor,belum maksimalnya kemampuan para pembudidaya ikan, seperti halnya budi daya ikan air tawar dalam memenuhi kebutuhan pasar, mengakibatkan masyarakat lokal sangat bergantung kepada ketersediaan stok daging ikan dari wilayah luar kota.

“Kebutuhan kita kadang dipenuhi dari wilayah kota ataupun provinsi lain. Kita harus bisa bangkit dan peternak lokal harus mampu memenuhi produksi dan kebutuhan konsumen,” harapnya lagi.

Disisi lain tambah Sugianor, para pelaku usaha budidaya ikan  agar lebih semangat dalam melakukan pengembangan usahanya.

“Kita ingin para usaha pembudidaya ikan harus lebih bersemangat. Terpenting perbanyak inovasi,termasuk selalu mengikuti perkembangan dari program pemerintah. Potensi perikanan kita bisa dikembangkan selama ada kemauan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*