INFO
Budidaya Jamur Tiram Bersama Bank Mantap Palangka Raya

Budidaya Jamur Tiram Bersama Bank Mantap Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada ASN yang satu atau dua tahun menjelang masa pensiun dan juga kepada yang sudah pensiun, Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Palangka Raya mengadakan Pelatihan Wirausaha Budidaya Jamur Tiram.

Pelatihan ini dilaksanakan di dua tempat, hari Sabtu (19/10/2019) teori dilaksanakan di Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Palangka Raya, Jl. Ahmad Yani No. 46A Palangka Raya dan praktek dilaksanakan pada hari kedua, Minggu (19/10/2019) di Kumbung Jamur milik Ratni Sali, Jl. Bukit Indah III Palangka Raya.

Dipilihnya tempat praktek di tempat Ratni Sali, karena Ratni ini salah satu pengusaha jamur tiram binaan dari Bank Mantap yang sudah berhasil mengembangkan usahanya.

Program wirausaha mantap sejahtera ini terintegrasi antara pelatihan ide, praktek usaha, pengembangan diri dan monitoring berkelanjutan.

Peserta pelatihan diajari oleh mentor Daryono dan Herry mulai dari cara membuat baglog atau tempat tumbuhnya jamur, kumbung jamur atau rumah jamur, cara penataan baglog dalam kumbung, penyiraman, waktu panen, pengolahan jamur sampai dengan pemasaran.

Dan tidak kalah pentingnya setelah benar-benar menekuni usaha pengolahan jamur tiram menjadi makanan dan siap untuk dipasarkan, dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya Ivone juga menjadi perlunya mengurus izin usaha, sedangkan izin pangan industri rumah tangga (PIRT) dijelaskan Agustina dari Dinas kesehatan Kota Palangka Raya.

Dari pantauan awak media center yang mengikuti kegiatan selama dua hari, yang paling menarik bagi para peserta yakni cara mengolah jamur yang lansung dipraktekkan, yakni membuat es kopyor jamur tiram, dan pembuatan crispy jamur.

Diakhir acara para peserta pelatihan satu persatu menyampaikan apa rencana tindak lanjut ke depannya, apakah langsung action berwirausaha ataukah masih menunggu waktunya pensiun bagi yang masih aktif bekerja. Jika membutuhkan modal awal untuk pembuatan rumah jamur, pembelian baglog, pemeliharaan sampai dengan pemasaran, Raldo Pimpinan Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Palangka Raya mengatakan siap membantu. (MC. Isen Mulang/Ykris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*