INFO
Budidaya Perikanan di Palangka Raya Bisa Diandalkan

Budidaya Perikanan di Palangka Raya Bisa Diandalkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan, pihaknya saat ini mulai berfokus pada pengembangan sektor pertanian non padi, seperti halnya perikanan dan peternakan.

Kenapa demikian kata dia,  mengingat wilayah Palangka Raya tidak mampu sepenuhnya menggerakan sektor sumber daya alam lainnya, seperti halnya pertambangan maupun SDA lainnya. Namun, begitu potensi sektor perikanan dan peternakan masih bisa diandalkan.

Ungkapan tersebut disampaikan Umi usai melakukan panen bersama ikan patin dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Hapakat Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya, Rabu (3/7/2019).

Umi melanjutkan,  jika seperti halnya kegiatan panen ikan patin dari budidaya Kube Hapakat, dimana menurutnya,  tidak lepas dari bantuan pihak Kementerian Sosial RI dan Pemerintah Provinsi Kalteng, yang melihat potensi perikanan di Palangka Raya  sejatinya mampu dibudidayakan.

“Program bantuan ini sangat bagus, sehingga kita bisa memberdayakan masyarakat, membuka lapangan pekerjaan dan bermanfaat bagi pembudidaya ikan itu sendiri,”ujarnya.

Selebihnya Umi berharap agar kedepan perlu adanya peningkatan dalam jumlah benih dan hasil produksi ikan, melalui penajaman program kerja dan anggaran.

Namun semuanya diperlukan koordinasi bersama, baik dengan pemerintah provinsi maupun  kementerian.”Dengan begitu bisa menjadi langkah strategis dalam mendorong kebijakan peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat melalaui sektor perikanan,” tuturnya.

Pemko Palangka Raya itu sendiri jelas Umi, akan berupaya mendukung sarana prasarana dari upaya budi daya perikanan yang telah dilakukan.

“Saat ini budidaya ikan yang ada sudah baik, karena mampu mencukupi kebutuhan masyarakat lokal. Tetapi kedepannya kita akan ekspansi untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dari luar,” ujarnya.

Perlu diingat tambah Umi, upaya mendorong sektor perikanan secara tidak langsung membudayakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, yang tidak lain sebagai alternative yang baik bagi kesehatan.Terlebih mampu mencegah stunting pada anak. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*