INFO

Buka Puasa Bersama Pemko Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya mengadakan acara buka puasa bersama dengan aparatur sipil negara, TNI, dan Polri, Senin (12/6/2017).

Acara buka puasa bersama ini mengambil tempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Palampang Tarung samping kantor walikota Jalan Tjilik Riwut kilo meter 5.

Selain dihadiri beberapa kepala dinas, acara buka puasa ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Ir Kandarani, Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli, dan Komandan Kodim 1016 Palangka Raya.

Panitia menghadirkan Ustad Zainal Arifin untuk memberikan ceramah agama. Dalam ceramahnya Ustad Zainal Arifin yang juga menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palangka Raya ini mengajak umat Islam untuk terus meningkatkan sikap toleransi antar sesama pemeluk agama lain.

Dengan sikap toleransi, maka kedamaian dan ketentraman umat akan terus terjaga. Dalam tausiahnya Ustad Zainal Arifin juga menjelaskan makna puasa Ramadan bagi umat Islam.

Menurutnya ada tiga makna dalam berpuasa. Pertama, menjadikan umat Islam untuk berbuat kasih sayang kepada sesama. Kedua, menjadikan umat Islam menjadi disiplin dan ketiga manusia menjadikan orang yang tabah dan sabar.

Ustad Zainal mengatakan melaksanakan ibadah puasa bagi umat Nabi Muhammad hukumnya adalah wajib. Sebab puasa bagi umat Nabi Muhammad ini menurutnya terbilang ringan jika dibandingkan dengan di zamannya Nabi Adam.

Saat itu Nabi Adam diwajibkan puasa siang sampai malam, sedangkan saat ini umat Islam hanya diwajibkan puasa siang hari dan sorenya boleh buka dan malam menjelang subuh sahur untuk puasa. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*