INFO

Bulog Jual Daging Beku Rp80 Ribu Per Kilo

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini bagi warga Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya bisa mendapatkan daging sapi dan kerbau dengan harga murah.

Daging impor yang didatangkan oleh badan urusan logistik (Bulog) devisi regional (Divre) Kalteng ini hanya dijual Rp70 ribu untuk daging kerbau dan Rp80 ribu untuk daging sapi. Daging murah ini bisa dibeli langsung ke kantor Bulog Divre Kalteng Jalan RTA Milono, Palangka Raya.

Bisa juga membeli ke Pasar Kahayan. Bagi lambat beli, maka bisa dipastikan tidak kebagian. Sebab menurut Kepala Bulog Divre Kalteng, Ma’ruf untuk tahap I ini hanya didatangkan 6 ton daging beku.

“Daging 6 ton ini untuk alokasi lima daerah di Kalteng. Yakni Palangka Raya, Sampit, Pangkalan Bun, Kapuas, dan Buntok,” tutur Ma’ruf kepada mediacenter palangkaraya, Rabu (7/6/2017).

Daging beku yang sudah dikemas per kilo dalam plastik ini didatangkan dari Jakarta. Daging ditaruh dalam alat pendingin seperti kulkas besar. Setibanya di Palangka Raya langsung didrop ke empat kabupaten.

Daging impor ini sengaja didatangkan pemerintah di momen Ramadan dan menjelang Idul Fitri dalam rangka gerakan stabilisasi pangan. Ternyata respon masyarakat dengan didatangkannya daging impor ini cukup positif.

Baru didatangkan dua hari, daging beku yang dijajakan di kantor Bulog Kalteng ini langsung diserbu pembeli. Sebab selisih harga daging sapi segar yang dijual di pasar lebih mahal mencapai Rp125 ribu per kilo.

Jadi ada selisih harga Rp 45 ribu untuk daging sapi beku impor dengan daging sapi segar. Ma’ruf menjamin harga daging beku yang dijajakan oleh pedagang di pasar juga sama yang dijual oleh Bulog.

Sebab harga jualnya sudah ditetapkan Rp70 ribu untuk daging kerbau dan Rp80 ribu untuk daging sapi. Jika lebih dari harga ketetapan ini maka penjualnya bisa ditindak.

Ma’ruf mengatakan penjualan daging beku impor ini juga diawasi Ombudsman dan Satgas Mafia Pangan, sehingga pedagang tidak berani menjual dari harga yang sudah ditetapkan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*