INFO

Calon Kepala Daerah Menjalani Tes Kesehatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya

BORNEONEWS, Palangka Raya – Mulai hari ini seluruh bakal calon kepala daerah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

Tes kesehatan yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB lewat ini diikuti para bakal calon walikota dan calon wakil walikota serta bakal calon bupati dan calon wakil bupati dari tujuh kabupaten dan satu kota.

Tes kesehatan yang melibatkan empat instansi ini akan dilaksanakan tiga hari dan berakhir 13 Januari 2018. Hasil pleno 15 Januari dan setelah itu hasilnya diserahkan ke KPU 16 Januari 2018.

Empat instansi yang dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan tersebut adalah Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikolog Indonesia (Hipsi), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan RSJ Kalawa Atei.

Para bakal calon akan menjalani tes seperti pemeriksaan kesehatan, psikiatri, psikologi, narkoba. Waktu yang dibutuhkan untuk setiap orang dalam tes kesehatan ini sekitar 8 jam.

Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya Rian Tangkudung, Kamis (11/1/2018) mengatakan ke-8 daerah yang bakal calonnya menjalani pemeriksaan itu di antaranya dari Palangka Raya, Gunung Mas, Seruyan, Murung Raya, Kapuas, dan Pulang Pisau.

“Sedangkan yang dari Kabupaten Lamandau dan Sukamara di RSUD Sultan Imanudin, Pangkalan Bun sebagaimana aturan KPU yang boleh melakukan pemeriksaan adalah rumah sakit kelas B,” katanya.

Adapun jumlah petugas yang disiapkan sebanyak 95 orang dalam pemeriksaan kesehatan para bakal calon kepala daerah ini. Rian memastikan peralatan yang dimiliki RSUD Doris Sylvanus cukup lengkap untuk menunjang pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu jalannya proses pemeriksaan kesehatan bakal calon di RSUD Doris Sylvanus ini juga mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Anang Revandoko telah mengerahkan 170 personel untuk disiagakan di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya untuk melakukan pengamanan selama jalannya pemeriksaan kesehatan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*