INFO
Camat Bukit Batu Beserta Jajarannya Siap Menghadapi Karhutla

Camat Bukit Batu Beserta Jajarannya Siap Menghadapi Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kecamatan Bukit Batu adalah salah satu kecamatan di Kota Palangka Raya yang belum ditemukan titik api, alias Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), ungkap Camat Bukit Batu Herwin, ketika menghadiri Rakor Karhutla di Gedung Bhayangkara Polda Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya, Senin (8/7/2019).

Kecamatan Bukit Batu yang membawahi 7 Kelurahan yaitu Kelurahan Marang, Tumbang Tahai, Habaring Hurung, Banturung, Tangkiling, Sei Gohong dan Kelurahan Kanarakan. Sudah mempunyai Tim Serbu Api, baik itu personil maupun peralatan pemadaman. Herwin menyampaikan sosialisasi soal larangan membakar hutan dan lahan juga sudah disampaikan sejak jauh hari dengan melibatkan berbagai pihak baik itu TNI maupun Polri. Sehingga untuk saat ini Kecamatan Bukit Batu belum ditemukan titik api.

Waka Polda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto yang membuka kegiatan Rakor Karhutla menyampaikan bahwa saat ini memasuki musim kemarau dan sudah ada beberapa daerah yang mengalami karhutla. Oleh sebab itu rakor menjadi kegiatan yang sangat strategis dalam rangka penanganan dan antisipasi karhutla.

Hasil analisa kepolisian karhutla disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor alam dan faktor manusia, dari kedua faktor tersebut hampir 98 persen karhutla disebabkan oleh manusia, baik itu karena membuka lahan baru, membersihkan lahan pekarangan ataupun perkebunan dengan membakar semak-semak ataupun membuang puntung rokok di hutan dan lahan sembarangan.

Rikwanto juga menyampaikan melalui rakor karhutla ” Jadikan Provinsi Kalimantan Tengah bebas api dan asap”. Tentu dengan melakukan antisipasi seperti membuat himbauan ataupun larangan membakar hutan dan lahan baik berupa surat edaran atau memasang spanduk pada titik titik strategis, mengadakan sosialisasi dan membentuk tim pemburu api serta penegakan hukum secara profesional dan porposional. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*