INFO
Capaian Dua Tahun Kinerja Fairid- Umi

Capaian Dua Tahun Kinerja Fairid- Umi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tak terasa masa kepemerintahan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dan wakilnya Hj.Umi Mastikah sudah berjalan dua tahun. Tepatnya pada 24 September 2018 lalu keduanya dilantik sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk memimpin daerah yang berjulukan ‘Kota Cantik’.

Seperti diungkapkan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin kepada awak media usai acara memperingati dua tahun kepemimpinannya, Jumat (25/9/2020) mengungkapkan, banyak capaian dari pembangunan yang dilaksanakan.

Dalam dua tahun berjalan ini sedikitnya ada tiga misi unggulan yang terus dilaksanakan yakni, mewujudkan kemajuan Kota Palangka Raya melalui smart environment meliputi pembangunan infrastruktur, teknologi informasi, pengelolaan sektor energi, pengelolaan air, lahan, pengelolaan limbah, manajemen bangunan dan tata ruang, transportasi.

Pada bagian aspek capaian pertumbuhan ekonomi Kota Palangka Raya pada tahun 2019 dengan angka 7,17 persen mengalami kenaikan 0,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut melebihi pertumbuhan ekonomi Kalteng yang berada di angka 6,16 persen dan Indonesia yang berada di angka 5,02 persen.

Kemudian untuk pendapatan per kapita pada tahun 2018 dalam juta rupiah berada di angka 58,17 yang naik sebesar 6,52 dari tahun 2017.
Lalu pada bagian tingkat pengangguran terbuka, pada 2019 berada di angka 5,78 persen, hal itu merupakan penurunan sebesar 0,03 persen dari tahun sebelumnya.

Berikutnya untuk indeks pembangunan manusia (IPM), pada 2019 lalu telah mencapai angka 80,77 yang melebihi IPM Provinsi Kalteng yang berada di angka 70,91 dan Indonesia sebesar 71,92 pada tahun yang sama.

“Visi mewujudkan kota yang maju, rukun dan sejahtera, begitupun misi mewujudkan lingkungan cerdas (smart environment) kerukunan dengan masyarakat cerdas (smart society) serta kesejahteraan ekonomi cerdas (smart economy) telah dijalankan,”sebut Fairid.

“Saya bersama Bu Umi, terus mendorong peningkatan pelayanan publik yang tersebar pada lima kecamatan serta 30 kelurahan, serta di seluruh badan serta instansi yang tergabung di dalam lingkungan Pemerintahan Kota Palangka Raya,”tambahnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*