INFO
Cegah Kemiskinan Di Kota Palangka Raya Dengan Program KUBE

Cegah Kemiskinan Di Kota Palangka Raya Dengan Program KUBE

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Kota Palangka Raya menyalurkan bantuan sosial kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Jumat (8/11/2019).

Direktur Penanganan Fakir Miskin (PFM) Wilayah II secara simbolis menyerahkan bantuan masing-masing sebesar Rp.20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) kepada 3 orang mewakili 30 KUBE yang berada di Kelurahan Kameloh Baru dan Kelurahan Habaring Hurung Kota Palangka Raya.

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh dan berkembang serta dibina melalui program kesejahteraan sosial untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Sekretaris Daerah Kota Palangkaraya, Hera Nugragayu mewakili Walikota Palangka Raya dalam sambutannya menyampikan mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Sosial RI telah memberikan kesempatan kepada warga Kota Palangka Raya yang kurang mampu untuk menjalankan program bantuan sosial KUBE.

“Saya sangat mengharapkan program bantuan sosial KUBE ini menjadi salah satu program potensial untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat sehingga bisa menurunkan kemiskinan di Kota Palangka Raya,” ungkap Sekda.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya menyampaikan, pada tahun 2019 KUBE Kota Palangka Raya kembali mendapatkan bantuan untuk 30 KUBE yang terdiri dari 300 orang penerima manfaat. Masing-masing 1 KUBE berjumlah 10 orang.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Balai Besar Yogjakarta Kementerian Sisial Republik Indonesia pada bulan September 2019 lalu, dapat dikatakan KUBE Kota Palangka Raya tahun 2017 dan 2018 masih menjalankan usahanya dan berkembang dengan baik sehingga untuk tahun 2019 kita mendapatkan KUBE kembali”, tutur Akhmad Fauliansyah

KUBE diharapkan menjadi sarana meningkatkan usaha ekonomi produktif khususnya dalam meningkatkan pendapatan dan kehadiran KUBE dapat memotivasi warga untuk menurunkan angka kemiskinan.

Bimbingan teknis KUBE selain dihadiri Direktur Penanganan Fakir Miskin (PFM) Wilayah II sekaligus memberi materi pada kegiatan tersebut juga dihadiri pendamping dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dan tim pendamping dari Kecamatan.(MC. Isen Mulang/Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*