INFO
Cegah Penyebaran Covid-19 Lewat SOP Berbasis RT/RW

Cegah Penyebaran Covid-19 Lewat SOP Berbasis RT/RW

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya menerbitkan standar operasional prosedur (SOP), berbasis RT/RW sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di kota setempat.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, Selasa (26/5/2020) menyebutkan, dalam SOP itu ada sepuluh poin utama yang wajib untuk dilaksanakan oleh pihak RT/RW di seluruh kelurahan yang ada di wilayah tersebut.

Adapun sepuluh poin tersebut antara lain, setiap kelurahan dibantu pihak RT/RW membuat peta sebaran Covid-19 di wilayah masing- masing.

Kemudian melakukan pengelompokan dan pendataan terhadap warga berstatus ODP, PDP, OTG dan yang terkonfirmasi positif untuk dilakukan pemantauan secara intensif. Selanjutnya melakukan pembatasan gerak keluar masuk di wilayah RT/RW.

Lalu kelurahan memfasilitasi dan mendorong para ketua RT/RW, kader kesehatan, lembaga sosial berbasis masyarakat untuk aktif melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat di wilayah masing masing secara masif.

Berikutnya, pengurus RT/RW harus mengkoordinir masyarakat untuk berpartisipasi dalam melakukan upaya disinfeksi mandiri sebagai bagian dari perwujudan gerakan masyarakat hidup sehat.

“RT/RW harus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawasi pembatasan kontak fisik di wilayahnya masing-masing, dan mengaktifkan poskamling sebagai pos check point,” jelas Emi

Selanjutnya, RT/RW bisa memberikan informasi bila ada warga yang diduga terinfeksi virus Covid-19, serta membuat laporan ke posko Covid-19 di kelurahan masing-masing. Pun begitu dengan kader kesehatan di tingkat RT/RW untuk aktif memantau kesehatan masyarakat.

“Terakhir, pemberlakuan jam malam di wilayah RT/RW, di mana tamu dilarang masuk pada pukul 21.00 sampai 06.00 WIB,” demikian terang Emi. (MC. Isen Mulang.1/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*