TERKINI
Cegah Stunting, Maksimalkan Peran Posyandu

Cegah Stunting, Maksimalkan Peran Posyandu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mencegah terjadinya kasus stunting (balita kerdil) di negeri ini, pada umumnya telah menjadi pekerjaan rumah bagi setiap pemerintah daerah. Termasuk di Kota Palangka Raya.

“Walaupun sejauh ini di Kota Palangka Raya masih nihil kasus stunting, namun pencegahan dini terus dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya,”ungkap Sahdin Hasan, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kota Palangka Raya ini mengatakan, mengoptimalkan fungsi posyandu merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan pencegahan stunting.

Disadari kata dia, pencegahan stunting selain menjadi tugas utama dan tanggung jawab orangtua, disisi lain tetap memerlukan peran pemerintah dalam mencegahnya dan menekan angka stunting.

“Maka itu dengan memaksimalkan peran pos pelayanan terpadu atau posyandu di setiap wilayah kelurahan, setidaknya dapat mencegah dampak buruk pertumbuhan generasi penerus,”ujar Sahdin.

Terlebih saat ini keberadaan posyandu ditekankan pada pelayanan maksimal terhadap ibu hamil dan anak. Termasuk dalam hal berkontribusi menyalurkan makanan tambahan yang baik, bergizi dan berkualitas.

“DPPKBP3A tentu hanya bisa mendorong agar peran aktif posyandu di lingkungan masyarakat terus dijalankan, guna membangun kesadaran masyarakat dalam hal peningkatan kualitas kesehatan,”tambah Sahdin.

Sementara sebaliknya imbuh dia, warga diharapkan terus aktif untuk memeriksakan kesehatan maupun tumbuh kembang anak balitanya ke posyandu yang ada dilingkungannya.

“Iya komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya adalah meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satunya mendorong agar ibu hamil maupun balita melakukan imunisasi, penimbangan, secara rutin melalui keberadaan posyandu. Ini penting sebagainlangkah awak mencegah stunting,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*