INFO
Cukup MGMP yang Memvalidasi Soal USBNBK

Cukup MGMP yang Memvalidasi Soal USBNBK

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Palangka Raya mengharapkan pada pelaksanaan ujian tahun depan cukup Musrawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang memvalidasi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK).

“Hal ini dilakukan untuk efisiensi waktu. Tidak perlu pengawas ikut repot. Lagi pula tentu para guru lebih familiar dengan penyusunan kisi-kisi soal ujian sekolah,” kata Ketua MKKS SMA/MA Kota Palangka Raya, Arbusin, Kamis (25/4/2019).

Alasan lainnya supaya soal USBNBK sesuai kondisi sekolah. Guru bisa diberikan kesempatan langsung menyusun soal ujian berdasarkan kisi-kisi soal yang disusun MGMP.

Sekretaris MKKS Kota Palangka Raya, Adrianyah menambahkan agar tahun pelajaran 2019/2020 nanti MKKS perlu memperbarui hal yang sudah baik dan memperbaiki hal yang masih keliru.

“Contohnya soal USBNBK mestinya dibuat oleh sekolah berdasarkan kisi-kisi yang disusun MGMP. Jadi MGMP tidak perlu sampai menyusun soal, cukup kisi-kisinya saja. Dengan demikian guru di sekolah yang memahami kondisi siswa yang sebenarnya bisa menyusun soal sendiri 75 persen dan menggabungkannya dengan 25 persen soal yang disusun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” ungkapnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*