INFO
Damang Mitra Strategis Pemerintah

Damang Mitra Strategis Pemerintah

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, damang kepala adat memiliki peran strategis. Tidak hanya mengawal dan melestarikan adat budaya, juga sebagai mitra pemerintahan dalam hal menangani persoalan adat istiadat.

Ungkapan itu disampaikan Fairid disela-sela menghadiri acara Rapat Koordinasi (rakor) Damang Kepala Adat dan DAD se-Kalteng Tahun 2020, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (12/8/2020).

Menurut Fairid, sejauh ini peran damang khususnya yang ada di Kota Palangka Raya memiliki posisi strategis, dalam memberikan saran dan masukan. Baik yang berkaitan dengan pelestarian seni dan budaya, hingga berkontribusi dalam pembangunan.

Terlepas dari itu, para damang didorong untuk mampu memahami tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya. Terutama mampu menyesuaikan hukum adat yang selaras dengan kekuatan hukum tetap.

“Bisa dikatakan damang harus mampu bersinergi secara global. penegakan hukum adat selaras dan bisa berdampingan dengan kekuatan hukum tetap,”harapnya.

Selain memiliki peran sentral dalam pelestarian budaya
“Para damang juga diharapkan ikut berperan serta dalam menciptakan kamtibmas dan terus berkontribusi memberikan saran dan masukan bagi pembangunan di Kota Palangka Raya,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/prokom/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*