INFO

Dampak Covid 19, Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Melambat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – pandemi covid 19 mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan I tahun 2020 tercatat 2,95 %, lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi nasional triwulan I tahun 2020 yakni 2,97 %.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw Bank Indonesia Kalteng Yudo Herlambang sebagai narasumber pada Musrenbang Perubahan RPJMD 2018 – 2023 Kota Palangka Raya, yang digelar secara online Rabu (27/5/2020).

Melambatnya perekonomian Kalteng di antaranya kinerja ekspor terkontraksi cukup dalam -9,40 % dibanding pada triwulan IV tahun 2019 yang terkontraksi -6,6 %, karena terkontraksinya ekspor minyak kelapa sawit akibat harga melemah pada triwulan I.

Lebih lanjut Yudo menjelaskan Perekonomian Provinsi Kalteng tumbuh melambat, asumsi berdasarkan proyeksi World Bank periode April 2020, meskipun harga CPO global relatif lebih baik pada tahun 2020 namun perbaikan harga ini akan tertahan oleh resiko melambatnya permintaan sejumlah negara sebagai dampak ditutupnya industri.

Kinerja ekspor akan mengalami perlambatan, karena permintaan terhadap komoditas terutama dari pertanian, batubara dan CPO keluar negeri akan melambat.

Dari sisi konsumsi rumah tangga masih mengalami kelambatan, karena dampak covid 19 ini berpotensi menurunkan daya beli masyarakat kata,” Yudo (MC. Isen Mulang/tina/yk).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*