INFO

Data Petani Penerima Bantuan Masuk Sistem Kementerian Pertanian

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini pemerintah sangat selektif memberikan bantuan kepada kelompok tani (Poktan). Contohnya penerima bantuan bibit ayam Sumbawa dari Kementerian Pertanian di Kota Palangka Raya.

Menurut Kabid Produksi Peternakan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Sugiyanto data ke-9 Poktan penerima bantuan bibit ayam Sumbawa tersebut telah terdata sistem penyuluhan pertanian (Simluhtan).

Jadi semua anggota Poktan terdaftar di Kementerian Pertanian, sehingga dengan sistem ini tidak bisa lagi ada masyarakat yang coba-coba untuk memanipulasi data hanya untuk mendapatkan bantuan.

Sugiyanto menjelaskan dengan sistem ini dipastikan penerima bantuan tepat sasaran, karena data penerima bantuan sebelumnya telah dilakukan verifikasi oleh petugas lapangan.

“Sekarang sangat susah untuk mendapatkan bantuan. Kalau datanya tidak masuk Simluhtan, maka tidak bisa, karena calon penerima bantuan harus benar-benar sebagai petani atau peternak,” sebut Sugiyanto, Jumat (15/11/2019).

Saat ini sudah ada puluhan kelompok tani binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya yang masuk Simluhtan, sehingga datanya sewaktu-waktu bisa dijadikan sebagai bahan untuk memberikan bantuan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*