INFO
DAU Kelurahan dari Provinsi Implementasi Kemendagri No 130 Tahun 2018

DAU Kelurahan dari Provinsi Implementasi Kemendagri No 130 Tahun 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris Camat Rakumpit, Sri Utomo menjelaskan pengalokasian dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah provinsi kepada semua kelurahan di Kota Palangka Raya merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) No 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan.

Permendagri ini menurutnya mengatur dua substansi pokok yaitu pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebagai pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan untuk tahun anggaran 2019.

Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

Sedangkan pemberdayaan masyarakat di kelurahan digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan dengan mendayagunakan potensi sumber daya sendiri.

Misalnya pengelolaan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan, pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, lembaga kemasyarakatan, Trantibum dan Linmas, dan penguatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana serta kejadian luar biasa.

Utomo mengatakan penentuan kegiatan pembangunan sarana, prasarana, dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan dilakukan melalui musyawarah untuk mendapatkan kesepakatan penentuan kegiatan tambahan atau perubahan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*