INFO
Debit Air Sungai Meninggi, Rembesan Air Masuk Pemukiman

Debit Air Sungai Meninggi, Rembesan Air Masuk Pemukiman

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Debit air sungai di wilayah Kota Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir terlihat mengalami kenaikan. Hal itu terjadi lantaran dalam beberapa hari terakhir ini frekuensi curah hujan di wilayah kota yang bermottokan “Kota Cantik’ ini masih cukup tinggi.

“Air sungai Kahayan saat ini mulai meluap dan air sudah memasuki serta merembes ke kawasan  permukiman warga.Seperti merembes ke Jalan Buluh Merindu 3, Jalan Danau Rangas dan Jalan Danau Perupuk,” ungkap Lurah Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Mumamad Heri Fauzi, usai melakukan pemantauan kawasan pemukiman warga di kelurahannya, Minggu (17/2/2019).

Kata Heri, kondisi air sungai yang meluap ke kawasan perumahan warga tersebut sudah biasa terjadi, sebab kawasan-kawasan itu memang tergolong daerah rendah.

Meskipun begitu ucap Heri,  pihaknya akan terus melakukan pemantauan perkembangan debit air sampai nantinya dilakukan tindakan.

“Sejak 4 hari lalu, air sudah mulai menggenang sisi jalan dan di bawah pelataran rumah warga. Jadi air belum merembes masuk ke dalam rumah,” bebernya lagi.

Heri pun mengimbau kepada warga yang kawasannnya rawan terjadi banjir akibat terdampak meluapnya air sungai untuk terus waspada.Termasuk mewaspadai bahaya hewan liar serta berkembangnya bibit penyakit. Tak kalah penting melakukan pengawasan ketat terhadap anak-anak saat bermain.

“Banjir identik dengan penyebaran penyakit, maka dari itu hindarkan beraktifitas lebih diluar. Selain itu waspadai binatang liar seperti ular dan lainnya, karena biasanya saat banjir hewan itu akan mencari tempat yang kering dan hangat,” terangnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*