INFO
Dekat Sekolah Berpeluang Diterima Lewat Jalur Zonasi

Dekat Sekolah Berpeluang Diterima Lewat Jalur Zonasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tahun ini ada yang berbeda dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA di Provinsi Kalimantan Tengah. Jika sebelumnya melakukan pendaftaran dengan sistem manual, tapi sekarang dengan sistem daring atau online.

PPDB tingkat SMA di Kalimantan Tengah dibuka 10-14 Juni 2019. SMAN 5 Palangka Raya salah satu sekolah yang membuka pendaftaran siswa baru melalui online.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin, menjelaskan tahun ini sekolahnya merupakan salah satu dari beberapa SMA negeri yang ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi untuk membuka PPDB dengan daring.

Ada tiga jalur pendaftaran yang tersedia. Yakni jalur zonasi dengan kuota 90 persen, jalur prestasi dengan kuota 7 persen, dan jalur orang tua pindah tugas negara dengan kuota 3 persen.

Total siswa yang akan diterima sesuai kursi tersedia 144 peserta didik baru terdiri atas tiga peminatan. Yakni Peminatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB).

Seperti tahun sebelumnya, jumlah calon peserta didik yang ingin masuk SMAN 5 Palangka Raya cukup banyak, sehingga pihak sekolah tetap menerapkan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018.

Hal ini dilakukan guna mempercepat pemerataan layanan dan kualitas pendidikan dan mendekatkan siswa dengan lingkungan sekolah. Siswa yang tinggal dekat sekolahnya disertai bukti fisik sah, maka punya peluang bisa diterima lewat jalur zonasi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*