INFO
Deklarasi Penutupan Lokalisasi Bukit Sungkai

Deklarasi Penutupan Lokalisasi Bukit Sungkai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Puncak dari tahapan wujud proses dukungan Pemerintah Daerah Kota Palangka Raya terhadap amanat Undang-undang dan Program Nasional melalui Kementerian Sosial RI yang mencanangkan “Indonesia Bebas Lokalisasi Prostitusi Tahun 2019” Bertempat di Gedung Palampang Tarung Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Palangka Raya, Jumat (29/11/2019).

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutannya menyampaikan, Persoalan Para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) atau Pekerja Seks Komersial (PSK) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari persoalan kemiskinan di Indonesia. Hampir semua PSK berdalih tindak dan perbuatan dikarenakan kemiskinan yang membelenggu dirinya. Oleh karena itu penyelesaian masalah eks PPKS/PSK salah satunya dengan meminimalisir persoalan kemiskinan masyarakat.

Walikota menambahkan ada 3 (tiga)alasan yang menuntut pemerintah daerah melakukan penutupan lokalisasi yakni, pertama karena letak lokalisasi yang keberadaannya ditengah-tengah masyarakat dapat mengganggu kehidupan sosial di masyarakat, kedua karena Peraturan Daerah nomor 9 tahun 2012 tentang Penanganan Gelandangan, Pengemis, Tuna Susila dan Anak Jalanan, sehingga berkomitmen “Indonesia Bebas Lokalisasi Prostitusi Tahun 2019” dan yang ketiga karena dampak sosial bagi anak-anak yang tinggal disekitar lokalisasi yang menggerus moral dan agama.

Untuk itu perlunya kesadaran tiap individu masyarakat bersatu padu secara bersama-sama memerangi kegiatan prostitusi yang ada di wilayah kita melalui Gerakan Palangka Raya Bebas Protitusi (GERPASTI).

Diakhir arahan Walikota Palangka Raya berpesan agar pelaku usaha atau pemilik kafe di lokalisasi ini menghentikan usahanya karena bertentangan dengan norma-norma kehidupan sosial dan agama. Mari kita mengubah mindset lama yang sifatnya mengeksploitasi hak asasi manusia ke hal yang positif sesuai norma agama dan sosial masyarakat. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*